Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/06/2016, 20:05 WIB
Kontributor Lifestyle, Usihana

Penulis

Sumber

KOMPAS.com – Umumnya, patokan seseorang dalam memprediksi hubungan dengan pasangan adalah melihat skala kecocokan berdasarkan persamaan, baik hobi, makanan, buku, film, dan sebagainya.

Ternyata, menurut studi, cara unik dan menarik untuk menguak apakah si dia belahan jiwa atau belati hati adalah dengan memerhatikan pilihan bahasanya.

Ya, pilihan bahasa. Siapa sangka, gaya dan pemilihan bahasa bisa memprediksi masa depan Anda dengan pasangan?

Berdasarkan studi yang terurai dalam jurnal Psychological Science, membeberkan bahwa pemilihan kata, mulai dari konjungsi, kata depan, kata ganti, dan bilangan, yang sering Anda dan pasangan gunakan bisa menjadi landasan yang merefleksikan kecocokan.  

Peneliti di Texas Tech University memiliki ide bahwa pemilihan kata bisa menjadi penentu romantisme dalam hubungan asmara.

Peneliti pun membagi studi menjadi dua eksperimen untuk mempelajari persamaan gaya bahasa dengan ketergantungan antarpasangan.

Metode yang diterapkan adalah melihat berapa kali para responden mengucapkan atau menggunakan kata-kata yang sama atau serupa makna.

Studi ini melibatkan 40 pria dan 40 wanita, semuanya merupakan pasangan kekasih yang baru menjalani hubungan kurang dari enam bulan.

Hasilnya, pasangan yang menggunakan kata-kata sama ditemukan tetap berkencan hingga lebih dari tiga bulan.

Sebaliknya, pasangan yang tidak menggunakan kata-kata yang sama, tidak berhasil mempertahanakan hubungan.

Selain itu, responden yang menggunakan kata dan gaya bahasa yang sama, mengaku bahwa mereka tertarik untuk kembali bertemu setelah eksperimen berlalu.

Kemudian, pada eksperimen kedua, peneliti mempelajari gaya bahasa dan pemilihan kata-kata 86 pasangan saat sedang mengirimkan pesan singkat.

Ternyata, pasangan yang memakai kata-kata serupa tetap bertahan hingga lebih dari tiga bulan.

Alhasil, peneliti pun menyimpulkan bahwa gaya bahasa dan pemilihan kata merupakan indikator penting dalam menentukan kelanggengan hubungan.

Namun, hasil penelitian ini tidak juga menganjurkan Anda dan pasangan untuk mengubah pemilihan kata-kata saat bicara, demi hubungan terus awet dan saling sayang selamanya.

Sebab, peneliti hanya ingin membuktikan bahwa pasangan yang memang ditakdirkan bersama, seiring waktu, gaya bahasa Anda dan si dia menjadi serupa tanpa Anda sadari.

Kondisi ini terjadi karena pasangan yang cocok satu sama lain, otomatis intens berkomunikasi sehingga keduanya pun bicara dengan pemilihan kata-kata yang sama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com