Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unilever Berjanji untuk Tidak Gunakan Seksisme dalam Iklan

Kompas.com - 27/06/2016, 10:28 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

Sumber The Cut

KOMPAS.COM -- Sudah menjadi fakta bahwa iklan memiliki pengaruh besar pada psikologi wanita. Berbagai iklan untuk produk kecantikan, misalnya, berjanji membuat Anda menjadi lebih cantik, menarik, langsing atau putih jika menggunakan produk tersebut.

Bahkan, sebuah studi yang dipublikasikan dalam The Journal of Consumer Research mengatakan bahwa iklan produk kecantikan membuat wanita semakin tidak percaya diri karena standar yang tidak manusiawi.

Hal inilah yang ingin diubah oleh Unilever. Perusahaan raksasa yang menjadi induk Axe, Dove, Lux, Rexona dan berbagai produk lainnya ini berjanji untuk menghapuskan stereotip seksis dari iklan-iklannya setelah membaca hasil riset iklan secara global.

Melalui riset yang dilakukan selama dua tahun ini, Unilever menemukan bahwa hanya dua persen iklan menunjukan wanita yang cerdas, tiga persen menunjukkan wanita di posisi pemimpin, dan hanya satu persen menunjukkan bahwa wanita juga memiliki selera humor.

Lalu, 40 persen dari responden wanita mengatakan bahwa mereka tidak dapat mengidentifikasikan diri mereka sendiri dengan wanita dalam iklan.

Chief Marketing Officer Unilever, Keith Weed, mengatakan Unilever akan menampilkan wanita dengan personalita yang asli dan tiga dimensi, menyorot aspirasi dan pencapaian, dan menunjukkan kecantikan sebagai sesuatu yang menyenangkan, tidak kritis dan sesuai perspektif.

Walaupun hal ini sudah dibuktikkan oleh Unilever melalui Dove, Axe masih menjadi tugas besar. Sebab, iklan Axe selalu bergantung pada konsep bahwa parfum mereka membuat semua wanita mabuk kepayang tanpa alasan.

Oleh karena itu, sangat menarik untuk menunggu bagaimana Unilever akan mengubah konsep Axe kedepannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Cut
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com