Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putri Donald Trump Digugat Menjiplak Sepatu Desainer Ternama

Kompas.com - 28/06/2016, 06:10 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com -- Ivanka Trump, yang lebih dikenal sebagai putri Donald Trump, sedang dalam masalah dengan Aquazurra, desainer sepatu mewah terkemuka.

Merek Itali tersebut menggugat Ivanka dan merek sepatunya, Trump, yang dilisensikan oleh Marc Fisher karena menjiplak karyanya.

Sebagai bukti, Aquazurra melampirkan perbandingan antara salah satu sepatunya yang paling populer, Wild Things, dengan sepatu Hettie milik Trump.

Kiri, sepatu Wild Things milik Aquazurra. Kanan, sepatu Hettie milik Trump.

Menurut Aquazurra, sebelumnya mereka sudah berbicara dengan Trump mengenai dua model sepatu Trump yang mirip dengan desain Forever Marilyn dan Belgravia. Namun, komplain tersebut tidak digubris.

Menjawab gugatan tersebut, Matthew Buris, CEO Marc Fisher, mengatakan bahwa Aquazurra hanya sekadar menciptakan publisitas.

“(Sepatu Hettie) adalah sebuah representasi dari tren mode, bukan bagian dari properti intelektual yang bisa dilindungi, dan ada beberapa gaya yang mirip dibuat oleh merek-merek lain. Gugatan ini tidak ada artinya dan kami akan membela diri habis-habisan melawan klaim tersebut.” ujarnya.

Sementara itu, pendiri Aquazurra, Edgardo Osorio, dengan segera meluruskan bahwa gugatan ini tidak diarahkan kepada Ivanka secara personal.

“Ini bukan hanya tentang dia (Ivanka). Aku berencana untuk melakukan hal yang sama pada Steve Madden dan orang-orang lain yang menjiplak kita,” ujarnya.

Dia melanjutkan, “Kadang-kadang, aku mengamati di department store, dan aku melihat model sepatuku. Kita harus lebih tegas pada ritel. Mereka (ritel) harus melindungi kita.”

“Kamu tidak bisa mengkanibalisasi satu bisnis dengan lainnya,” pungkas Edgardo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com