Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Cerdas Guru Ini Ajari Anak tentang "Bullying"

Kompas.com - 28/06/2016, 11:05 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com — Berdasarkan statistik oleh ABC News, 30 persen dari siswa Amerika Serikat adalah bully atau korban bullying. Lalu, 160.000 anak-anak tidak masuk sekolah setiap harinya karena rasa takut di-bully.

Dengan tingginya angka ini, bullying telah menjadi masalah utama di lingkungan sekolah. Salah satu solusi yang diusulkan adalah mengajari anak-anak tentang empati dan menghormati orang lain. Namun, hal ini lebih mudah dikatakan daripada dilakukan.

Rosie Dutton, pelatih mental anak-anak dari Relax Kids Tamworth, menemukan sebuah cara brilian untuk mengajarkan efek buruk bullying kepada anak-anak. Cara ini cukup sederhana dan hanya membutuhkan dua buah apel.

Seperti yang dijelaskan oleh Rosie di Facebook, dia menekan-nekan salah satu apel sebelum masuk ke kelas agar isi apel tersebut "memar" tanpa mengubah penampilan luarnya.

Lalu, Rosie meminta anak-anak untuk menghina apel yang memar tersebut dan memuji apel yang satunya.

Dari luar, keduanya memang tampak sama. Namun, ketika Rosie membelah kedua apel tersebut, terlihat bahwa apel yang dipuji bersih dan jernih, sementara apel yang dihina "memar", menghitam, dan jelek.

"Saya rasa saat itu anak-anak langsung menyadari bahwa ketika seseorang di-bully, terutama anak-anak, hati mereka merasa sangat buruk, walaupun mereka tidak menunjukkannya atau mengatakan perasaan mereka," tulis Rosie di Facebook-nya.

Dia melanjutkan, "Jika kita tidak pernah membuka apel tersebut, kita tidak akan pernah tahu seberapa besar kita telah menyakitinya."

Setelah melihat isi apel tersebut, anak-anak langsung shock. 

"Anak-anak terdiam. Mereka shock dan kaget melihat apa yang mereka lakukan terhadap apel yang 'kasihan' itu. Saya sendiri merasa malu dengan apa yang saya katakan terhadap si apel," ungkap Rosie.

"Setelah sesi selesai, anak-anak membicarakan dan membandingkan kedua apel tersebut," ujarnya.

Setelah diunggah ke Facebook, ide Rosie mendapat banyak pujian dari orangtua.

Salah satu dari mereka berkata, "Saya berharap semua guru sama luar biasa-nya dengan Anda."

Ada juga yang mengatakan, "Ini adalah pelajaran paling berharga yang perlu diajarkan di semua sekolah di dunia."

Today in one of our classes I introduced the children to two apples (the children didn't know this, but before the class...

Posted by Relax Kids Tamworth on Tuesday, June 21, 2016
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com