Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desainer Ini Tampilkan Model Berjerawat pada Pergelaran Busana Milan

Kompas.com - 28/06/2016, 19:05 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com -- Selama satu dekade terakhir ini, tampil natural sudah menjadi standar kecantikan terbaru di dunia mode. Kita melihat tren ini di setiap musim perhelatan mode, dari New York hingga Paris. Namun, senatural apakah yang dianggap cantik?

Musim gugur dan dingin 2016 ini menandai kemunculan pertama desainer asal Malaysia, Moto Guo, di Milan Men’s Fashion Week.

Menampilkan berbagai busana dengan motif kotak-kotak, pita, renda, celana pendek, dan kain alas dada; WWD menyebut koleksi Guo, “hampir tidak masuk akal dan kekanak-kanakkan.”

Namun, bukannnya busana, kecantikkan yang ditampilkan Guo-lah yang justru membuat kehebohan di media.

Sebab, Guo mengirimkan model-modelnya dengan jerawat ke panggung Milan Men's Fashion Week.

Dengan segera, banyak media yang berteriak mengenai hal ini dan mereka terbagi menjadi dua kubu.

The Cut dari New York Magazine mempublikasikan artikel-nya yang berjudul Jangan Cuci Wajah Anda, Jerawat Dianggap Keren Sekarang dan menghina tren tersebut.

Di sisi lain, penulis Suzanna Weiss dan redaktur kecantikan Taylor Bryant dari Refinery29 justru menganggap Guo sebagai pencetus gerakan baru yang mengangkat realita.

Mereka mengutip American Academy of Dermatology yang mengatakan bahwa jerawat adalah masalah kulit yang paling umum dan dialami oleh 50 juta orang Amerika Serikat.

Lalu, banyak yang menduga bahwa jerawat model Guo asli, tetapi dilebih-lebihkan dengan menggunakan kosmetik.

Namun, Roberta Getti, penata rias dari MAC yang bekerja di balik panggung Guo, mengatakan bahwa dia menciptakan jerawat buatan tersebut dengan menggunakan dua produk, lip liner Mahogany dan eye pencil Coffee.

Getti bahkan menulis di Instagram-nya dengan bangga, "Makeup ini tidak bisa lebih baik lagi! Jerawat yang sangat realistis sampai terlihat sungguhan!"

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com