Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adakah Cara Atasi Bekas Jerawat yang Berlubang?

Kompas.com - 05/07/2016, 11:04 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

 

KOMPAS.com – Jerawat memang mengesalkan tetapi yang paling membuat banyak wanita dan pria frustasi adalah bekas yang ditinggalkan, apalagi bila meninggalkan lubang di wajah.

Biasanya kulit berlubang ini diakibatkan karena penanganan yang tidak tepat pada jerawat, seperti halnya dipencet atau bisa juga karena disuntik dengan dosis yang tinggi.

Hal-hal tersebut bisa menimbulkan kondisi over-treatment yang membuat kulit menjadi cekung, dan membuat lapisan kolagen hilang.

“Kolagen itu adalah jaringan yang menopang permukaan kulit kita, jadi dia tampak lebih kencang,” ujar dr. Nanang Masrani, Dipl. AAAM,  kepada Kompas.com saat ditemui di Gloskin Aesthetic Clinic Jakarta, beberapa waktu lalu.

Solusi mengatasi bekas jerawat jenis ini adalah dengan merangsang kembali produksi kolagen. Salah satu caranya adalah melalui perawatan wajah Platelet Rich Plasma (PRP).

“Yang popular saat ini adalah PRP. Jadi dia kita ambil darah dari pasien dan mengobatinya dengan darah pasien sendiri,” tambahnya.

Dalam terapi yang lebih dikenal dengan nama Vampire Facial berkat Kim Kadarshian ini, darah diambil dan dimasukkan ke dalam mesin yang akan memisahkan plasma dan sel darah merah yang tidak terpakai.

Plasma yang sudah terpisah ini kaya akan faktor pertimbuhan yang kemudian akan dimasukkan kembali ke dalam kulit untuk regenerasi.

Dr. Nanang menjelaskan bahwa sebenarnya proses ini bertujuan untuk merangsang tubuh dalam memproduksi kolagen, oleh karena itu hasilnya sangat tergantung dengan tubuh individu.

Jadi, ketika kondisi tubuh pasien bagus, maka hasilnya akan langsung terlihat, tetapi jika kurang baik maka perawatan harus diulang lagi.

Dr. Nanang junga mengatakan bahwa demi mendapatkan wajah yang mulus dan bersih dari bekas jerawat, maka Anda harus rajin melakukan perawatan demi hasil yang lebih baik.

Acne scars jika tidak dirawat akan bersifat permanen pada wajah,” tutupnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com