Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tata Rias juga Berpengaruh pada Wawancara Kerja

Kompas.com - 09/07/2016, 10:10 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

 

KOMPAS.com – Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan bahwa wanita yang mengenakan tata rias mendapakan perhatian lebih dibandingkan dengan wanita yang datang tanpa menggunakan riasan wajah.

Entah ini adalah berita baik atau tidak. Sebab, beberapa wanita sangat suka untuk menata rias, tetapi ada pula yang sangat tidak suka.

Penelitian yang dilakukan oleh University of Sterling di Skotlandia ini menemukan bahwa tata rias wanita mempengaruhi opini dalam wawancara pekerjaan untuk mengetahui potensi karyawan.

Lalu, tidak hanya pria, wanita pun setuju bahwa kandidat yang menggunakan tata rias terlihat lebih menarik, namun hal tersebut kembali pada individu yang mewawancarai.

Dr Viktoria Mileva, seorang anggota peneliti di University of Stirling, menjelaskan lebih lanjut bahwa pandangan terhadap wanita yang memakai tata rias ternyata terbagi menjadi dua, tergantung dari jender yang melihat.

Bagi pria, wanita dengan tata rias terlihat lebih bergengsi dan memiliki kualitas positif yang membuat orang lain ingin mengikuti.

Sementara itu, wanita akan melihat wanita lain yang bertata rias sebagai seseorang yang dominan dan tidak segan untuk menggunakan paksaan atau manipulasi untuk membuat orang lain mengikutinya.

Untuk menjelaskan fenomena ini, Dr Mileva melakukan sebuah penelitian lanjutan.

Rupanya, hal ini dipengaruhi oleh rasa iri dan terancam, di mana seorang wanita menilai wanita lain yang menggunakan kosmetik sebagai wanita yang suka menggoda lawan jenis, pungkas Mileva.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com