Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/07/2016, 22:00 WIB
Kontributor Lifestyle, Usihana

Penulis

Sumber Mirror

KOMPAS.com –- Setiap wanita memiliki ritual kecantikan masing-masing sebelum tidur.

Membersihkan wajah, mengaplikasikan masker, menggosok gigi, dan membalurkan losion tubuh, merupakan beberapa perawatan rutin yang umum dilakukan banyak wanita.

Perawatan kulit, menurut banyak pakar, memang optimal dilakukan sebelum waktu tidur. Sebab, saat tidur kulit melakukan regenerasi. Jadi, sangat baik untuk memberikan nutrisi terbaik yang dibutuhkan kulit untuk selalu cantik dan kencang.

Namun, ada satu perawatan yang acap kali dilupakan wanita, yakni menjaga kecantikan vagina.

Vagina yang tidak dijaga kebersihannya berpeluang melahirkan bakteri jahat yang berbahaya untuk keberlangsungan hidup wanita.

Gatal, bau, dan ruam, merupakan beberapa keluhan yang sering terjadi karena malas menjaga kebersihan vagina.

Seorang ObGyn, Nancy Herta MD., dari Michigan University, mengatakan bahwa merawat kecantikan vagina bisa dilakukan selama Anda tidur.

Herta menyarankan untuk cobalah tertidur tanpa mengenakan celana dalam.

“Mungkin Anda merasa tidak nyaman, tetapi jika Anda memiliki keluhan ringan pada vagina, Anda harus mencobanya,” ujar Herta.

“Mengenakan celana dalam seharian menyebabkan kulit vagina dan sekitarnya cepat berkeringat sehingga menyebabkan kondisi sangat lembab. Nah, kondisi lembab yang ditutup oleh vagina merupakan lingkungan terbaik untuk berkembangnya bakteri,” urainya.

Herta menjelaskan membiarkan vagina tidak tertutup celana dalam selama beberapa jam, memberikan ruang untuk vagina bernapas dan lebih bersih.

“Vagina memiliki kemampuan membersihkan diri sendiri, tapi syaratnya adalah tersedianya ruang untuk bernapas,” pungkasnya.

Jadi, cobalah mala mini untuk mencoba saran dokter Herta, untuk tidak ada batas antara piyama katun Anda dengan kulit di area organ intim.

Anda yang tidak setuju dengan saran dari Herta, dia memberikan alternatif lain, yaitu mengenakan celana dalam yang sangat longgar selama tidur.

Cara tersebut juga efektif untuk memberikan ruang bernapas pada vagina.

Herta menganjurkan, sebaiknya memiliki celana dalam yang terbuat dari renda dan sutra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com