Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tepis Rasa Sepi dengan Berendam Air Hangat yang Lama di Malam Hari

Kompas.com - 12/07/2016, 21:03 WIB
Kontributor Lifestyle, Usihana

Penulis

Sumber Telegraph

KOMPAS.com – Berendam air hangat dengan sabun berbusa yang menebarkan wangi menenangkan, merupakan pilihan ideal untuk mengakhiri hari setelah seharian beraktivitas.

Selain rileksasi, mandi air hangat juga ampuh untuk meredakan rasa kesepian, terutama bagi Anda yang masih melajang.

Studi di Yale University, AS, menunjukkan bahwa mandi air hangat membuat perasaan sepi hilang dan berganti dengan rasa tenang dalam pikiran.

Studi juga memperlihatkan bahwa mayoritas orang yang mandi air hangat dalam durasi yang cukup lama, bisa jadi tengah merasa kesepian.

Semakin kesepian maka semakin lama dan sering mereka yang kesepian mandi atau berendam air hangat.

Suhu air yang hangat terbukti dapat menurunkan kadar stres akibat tekanan dari lingkungan sekitar.

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Emotion, menguraikan bahwa setiap orang membutuhkan subtitusi rasa kesepian dalam keseharian mereka.

“Kebutuhan untuk merasakan kehangatan secara fisik dan sosial memerlukan subtitusi berkelanjutan. Semakin sepi yang Anda rasakan, maka Anda semakin membutuhkan subtitusi tersebut,” tulis studi.

Lebih kurang 400 responden berusia 18 hingga 65 tahun terlibat dalam studi, di mana mereka diminta untuk mengisi agenda mengenai kebiasaan dan catatan mengenai perasaan sebelum serta sesudah mandi air hangat.

Terakhir, studi memperlihatkan bahwa mengalihkan rasa kesepian dengan sesuatu yang hangat terbukti bisa menjadi pelipur rasa yang efektif, tetapi dampaknya tidak permanen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com