Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Lelaki yang Rajin Olahraga Dapatkan Gaji Besar di Masa Depan

Kompas.com - 13/07/2016, 11:00 WIB
Kontributor Lifestyle, Usihana

Penulis

KOMPAS.com — Begitu banyak manfaat beraktivitas di luar ruangan terhadap anak-anak, baik secara fisik maupun emosional.

Sekarang, sebuah studi terbaru yang telah berlangsung selama 30 tahun membuktikan bahwa anak lelaki yang aktif dan rajin olahraga menjalani masa depan yang cemerlang.

Studi yang bermulai dari tahun 1980 ini dipublikasikan dalam Medicine & Science in Sports & Exercise, jurnal resmi American College of Sports Medicine.

Peneliti membeberkan bahwa anak lelaki yang saat usia sembilan, 12, dan 15 tahun rajin berolahraga berpeluang 12 hingga 25 persen mendapatkan penghasilan lebih besar di masa depan.

Penemuan ini telah meneliti sejumlah anak lelaki dengan ragam latar belakang, etnis, dan budaya.

Namun, rajin berolahraga tidak memiliki pengaruh banyak terhadap karier anak perempuan ketika mereka dewasa.

“Sayang sekali, hasil studi tidak memperlihatkan kesimpulan yang sama terhadap anak perempuan,” jelas Jaana T Kari, Ketua Penelitian dari Research Centre for Sport and Health Sciences.

Menurut Kari, rajin berolahraga membuat tubuh anak lebih bugar dan sehat sehingga mereka memiliki peluang tinggi untuk berhasil dalam berkompetisi di dunia kerja.

Selain itu, anak yang sedari kecil sudah rajin berolahraga, kata Kari, tumbuh dengan logika dan pemikiran yang lebih terbuka sekaligus bijak.

Studi ini digagas oleh Young Finn Study (YFS) selama 30 tahun terhadap 5.000 anak lelaki dan anak perempuan berusia sembilan, 12, dan 15 tahun.

Para responden anak itu terus dimonitor dan dipelajari hingga mereka berusia 41 tahun.

Kemudian, para peneliti pun melakukan komparasi pencapaian dan penghasilan responden berdasarkan waktu yang digunakan untuk berolahraga ketika mereka masih kecil.

Akhirnya peneliti menemukan bahwa lebih dari setengah responden yang semasa kecilnya aktif dan suka berolahraga memiliki perjalanan karier yang menjanjikan dan penghasilan lebih besar ketimbang anak-anak yang jarang olahraga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com