Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wanita Biasa-biasa Saja Jauh Lebih Menarik daripada Wanita Cantik

Kompas.com - 14/07/2016, 11:02 WIB
Kontributor Lifestyle, Usihana

Penulis

Sumber Nextshark

KOMPAS.com –- Anda yang merasa memiliki penampilan standar alias biasa-biasa jangan berkecil hati. Pasalnya, sebuah studi memaparkan bahwa wanita yang biasa-biasa memiliki daya pikat lebih tinggi ketimbang wanita cantik. Mengapa?  

Berdasarkan studi dari University of Paris, seorang ahli biologi bernama Julien Renoult dan rekan peneliti, menyimpulkan bahwa wanita dengan wajah yang biasa saja, lebih menarik perhatian pria.

Renoult mempelajari dua kelompok responden pria. Mereka diminta memberi nilai penampilan sejumlah foto wanita berdasarkan kecantikan dan penampilan.

Pada percobaan pertama, mereka di minta menilai 30 foto wajah wanita dengan skala nilai 0-20. Kemudian, percobaan kedua, mereka diminta menilai 60 wajah wanita.

Foto-foto yang mendapatkan nilai tinggi dianalisa oleh peneliti dalam sebuah komputer dengan teknologi visual yang berfungsi untuk mendefenisikan hal-hal yang membuat wanita terlihat cantik.

Ternyata, foto-foto yang mendapatkan nilai tertinggi memiliki kategori biasa-biasa saja berdasarkan definisi teknologi korteks visual.

“Hal menarik adalah hasil studi memperlihatkan wajah wanita yang sederhana menjadi daya tarik tertinggi,” jelas Bill von Hippel, seorang psikologi di University of Quenssland School.

“Wajah simetris dan wajah dengan bentuk mata, hidup, bibir yang unik, merupakan wajah yang dianggap mudah dikategorikan sebagai menarik,” imbuhnya.

Kemudian, Renoult menambahkan bahwa sebagian besar responden pria memiliki wajah wanita yang dianggap biasa karena lebih mudah untuk diajak berteman dan dianggap tidak menyulitkan sebagai pasangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com