Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Rahasia 70 Tahun Pernikahan Mantan Presiden Amerika Serikat?

Kompas.com - 14/07/2016, 20:06 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com -- Awal bulan ini, mantan presiden Amerika Serikat, Jimmy Carter, telah menikah dengan Rosalynn selama 70 tahun.

Menurut Carter, dia tahu bahwa Rosalynn akan menjadi istrinya sejak kencan pertama mereka dan tujuh dekade kemudian, Carter masih tersipu ketika mengingat momen tersebut.

Diwawancari oleh Oprah Winfrey, Carter membagikan rahasia kelanggengan pernikahannya.

“Dia adalah orang yang tepat. Itu yang pertama,” ujarnya.

Dia melanjutkan, “Lalu, kita memutuskan sejak awal untuk memberi satu sama lain cukup ruang. Rosalynn punya idenya sendiri, ambisinya sendiri, dan tujuan hidup sendiri yang berbeda dariku.”

“Aku memperbolehkannya melakukan kegiatannya sendiri dan dia membiarkanku melakukan kegiatanku sendiri. Dan kita juga mencoba untuk menyelesaikan perbedaan yang tidak dapat dihindari dan cukup sering terjadi sebelum tidur,” ungkapnya.

Lalu, selain memberi masing-masing waktu untuk sendiri, Carter juga mengatakan bahwa sangat penting bagi mereka untuk tidak berhenti melakukan banyak hal bersama-sama.

“Kita mencoba mencari hal-hal yang ingin kita lakukan bersama. Terkadang, hal-hal ini tidak pernah kita lakukan sebelumnya,” kata Carter.

Hal-hal ini termasuk bermain ski yang merupakan hobi Carter di hari tuanya.

“Aku baru mulai bermain ski di usia 62 tahun. Dan kita juga pemancing andal. Itu adalah sumber utama rekreasi kita,” tambahnya.”

Downhill skiing, for instance, is a hobby the Carters picked up later in life. “I was 62 years old before I ever put on a pair of skis,” he says. “And we are avid fly fishers. That’s our main source of recreation.”

Kemudian, sebelum mereka tidur, Carter juga sering berbincang-bincang dengan Rosalynn. Menurutnya, kebanyakan topik mereka adalah mengenai keluarga.

Kini, pasangan ini telah membesarkan empat anak, 12 cucu dan 10 cicit.

Jimmy Carter dan Rosalynn Carter

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com