Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wanita Ini Dokumentasikan Petualangan Atasi Jerawat nan Bandel

Kompas.com - 15/07/2016, 19:06 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

KOMPAS.com – Bagi banyak wanita, jerawat adalah topik yang sulit dibicarakan. Walaupun kondisi ini cukup umum dialami oleh banyak orang, jerawat dapat menurunkan rasa kepercayaan diri seorang wanita secara drastis.

Hal ini juga dirasakan oleh seorang vlogger kecantikan bernama Katie Snooks yang menderita jerawat pada wajah selama 10 tahun.

“Aku merasa tidak cantik, kepercayaan diriku ketika itu benar-benar rendah,” katanya dalam video tersebut.

Selama ini dia sudah mencoba berbagai antibiotik untuk mengobati jerawatnya dan kini, sebagai solusi terakhir, dia mencoba obat bernama Roaccutane.

Selama menggunakan Roaccutane ini, Snooks bertekad untuk membuat video setiap hari untuk melihat perkembangan dan efek yang ditimbulkan oleh obat ini.

Sebab, Roaccutane ini adalah obat untuk mengobati jerawat yang sangat parah dan mendapatkan obat ini juga harus menggunakan resep dokter.

Selain itu, berbagai efek samping seperti seperti bibir pecah-pecah, pendarahan hidung, depresi, masalah hati, dan risiko terbakar matahari juga menyebabkan banyak orang mengurungkan niat menggunakan obat ini.

Melalui video ini, Snooks mencoba untuk mengubah stigma buruk orang-orang dan menujukkan efek obat tersebut yang sebenarnya.

Ia pun mendokumentasikan perkembangan kulitnya selama enam bulan saat memakai obat ini, lalu menggunggahnya ke akun Youtube-nya.

Dalam empat minggu pertama, dia mengalami ketombe yang berlebihan, tangan kering, dan berjerawat.

Pada minggu kedua, kulitnya juga mengelupas sedikit sehingga ketika dia menggunakan riasan, alas bedaknya tidak teraplikasikan dengan rata.

Kemudian pada minggu ketiga, muncul bintik-bintik pada wajahnya dan pada hari ke 23, kulitnya mulai membaik.

Snooks pun mengatakan bahwa ia tidak masalah dengan efek samping yang timbul karena secara perlahan obat ini membuat kulitnya membaik.

“Jika Anda sudah berjerawat selama 10 tahun seperti saya, semua efek samping ini terlihat kecil dibandingkan dengan rendahnya kepercayaan diri dan rasa malu dengan kulit sendiri,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com