Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Anda dan Suami Harus Sering Tonton Tayangan Romantis

Kompas.com - 17/07/2016, 21:35 WIB
Kontributor Lifestyle, Usihana

Penulis

KOMPAS.com – Menyalakan api cinta dengan suami, susah-susah gampang. Aktivitas dan sibuk mengurus anak, acap kali membuat tubuh letih sehingga malas untuk menciptakan suasana romantis bersama si dia.  

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya, kemesraan dapat lahir dari sebuah ritual sederhana yang tidak menyita banyak waktu dan tenaga.

Menurut studi terkini yang dipublikasikan pada Journal of Consulting and Clinical Psychology, menuturkan bahwa menonton film drama yang mengisahkan hubungan cinta atau keluarga, bisa menguatkan tali pernikahan.

Syaratnya, usai menonton film, Anda dan suami mesti mendiskusikan cerita film tersebut dalam suasana santai dan mesra.

Momen berdiskusi dan berbincang soal jalan cerita film tema hubungan cinta, berdasarkan laporan studi, sama efektinya dengan konsultasi hubungan bersama terapis profesional.

Studi ini secara acak memilih 200 pasangan suami istri untuk mengikuti satu dari tiga terapi hubungan yang mencakup:

  1. Terapi manajemen konflik (belajar untuk mengatasi masalah yang terjadi selama pernikahan).
  2. Terapi empati dan menerima kelebihan kekurangan pasangan (melatih kemampuan pasangan dalam mencari jalan tengah dalam konflik menggunakan rasa cinta dan kasih sayang.
  3. Terapi mengenali hubungan lewat film drama romantis (terapi menonton satu kali dalam seminggu dan mendiskusikan soal cerita dalam film tersebut)

Hasilnya, menonton film dan berdiskusi soal film dengan pasangan memiliki efektivitas menjaga kadar harmonis pernikahan sama dengan dua cara tradisional tersebut di atas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com