Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/07/2016, 11:03 WIB
Kontributor Lifestyle, Usihana

Penulis

Sumber bustle.com

KOMPAS.com – Anda tidak akan mendapatkan kesempatan kedua untuk memperbaiki kesan pertama seseorang terhadap diri Anda.

Sebab, jika Anda mendapatkan kesan pertama yang buruk, maka seperti itulah Anda akan terus diingat oleh orang yang Anda temui.

Sebuah studi di University of Chicago, mengungkapkan bahwa perilaku buruk lebih lama diingat ketimbang sejumlah perilaku baik.

Peneliti membuktikan dengan mempelajari sejumlah partisipan untuk membaca skenario mengenai perilaku dan karakter objek.

Hasilnya, terkadang seseorang yang netral, rentan memperlihatkan perilaku buruk. Lalu, lain waktu, mereka memperlihatkan perilaku yang baik.

Lalu, responden pun diminta untuk mengingat berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melupakan perilaku buruk seseorang. Jawabannya adalah sangat lama.

Sebaliknya, mereka lebih mudah melupakan perilaku yang dinilai baik.

Selain itu, responden juga mengatakan bahwa mereka semakin mengenal seseorang ketika mereka menunjukkan perilaku buruk, dibandingkan saat mereka berperilaku baik.

Singkatnya, studi menemukan bahwa kesan pertama yang buruk tersimpan dalam memori dengan jelas. Namun, kesan pertama yang baik cenderung mudah untuk dilupakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com