Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/07/2016, 20:06 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

 

KOMPAS.com — Ketika mengakhiri hubungan dengan seseorang, tentu Anda akan merasa menjadi orang yang paling terpuruk di dunia.

Akan tetapi, sebaiknya keadaan seperti ini jangan berlanjut. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi Anda dari kesedihan yang berlebih setelah putus dengan pasangan.

1. Move on

Ketika kehilangan seseorang, mungkin Anda tidak mudah untuk melupakannya. Anda bisa saja terus larut dalam kesedihan. Akan tetapi, semakin Anda menyalahkan diri sendiri, semakin sulit pula untuk melupakan dia.

Memang Anda butuh waktu untuk diri sendiri, tetapi sebaiknya Anda cepat bergerak. Lupakan masa lalu dan segera temukan orang baru yang lebih baik.

2. Jangan bersedih

Perhatikan, banyak orang di sekitar Anda yang sayang dan peduli kepada Anda. Jadi, untuk apa masih mengingat mantan? Bersedih boleh saja, tetapi ingat bahwa Anda juga memiliki tugas yang harus diselesaikan dan juga perhatikan diri sendiri.

3. Jangan hubungi mantan Anda

Menghubungi mantan akan membuat Anda mengingat kejadian-kejadian saat Anda bersamanya dulu. Sebaiknya, jauhkan diri Anda dari segala hal yang bisa mengingatkan Anda kepada mantan Anda.

4. Dia tidak benar-benar mencintai Anda

Anda juga harus cepat menyadari bahwa sesungguhnya mantan tidak benar-benar cinta kepada Anda. Setelah sadar, pasti Anda akan dengan lebih mudah melupakan dia.

5. Anda perlu memaafkan

Ketika sudah sampai titik bisa berpikir jernih, Anda perlu memaafkan kesalahan-kesalahan dia. Sebab, kemarahan yang terus bertahan hanya akan mempersulit dan merusak kegiatan dan rencana Anda selanjutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com