Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/07/2016, 16:09 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

Sumber SELF

 

KOMPAS.com – Anda sedang menjalani hubungan Long Distance Relationship (LDR)? Jangan banyak mendengarkan pendapat orang lain yang menyangsikan kelanjutan hubungan Anda.

Sebab, hubungan LDR juga bisa langgeng, tergantung cara Anda dan pasangan menjalaninya.

“Hubungan jarak jauh bisa sehat dan stabil, seperti hubungan yang dekat dengan pasangan,” kata Dana Weiser, Ph.D., seorang professor studi pembangunan manusia dan keluarga.

Ia juga mengatakan bahwa jenis hubungan hanya menimbulkan tantangan dan kekuatan hubungan yang berbeda.

Berikut ini merupakan beberapa tip untuk membuat hubungan LDR langgeng.

1. Berikan kejutan

“Melakukan suatu hal yang tidak terduga atau kunjungan yang menjadi kejutan dapat meyakinkan pasangan Anda tentang cinta dan komitmen Anda dalam hubungan,” kata Franklin Porter, Ph.D, seorang terapis di New York.

2. Hati-hati dengan teks dalam pesan singkat atau chatting

Hal ini perlu menjadi perhatian, terutama bagi pasangan LDR. Sebaiknya jika Anda memiliki masalah dengan pasangan, cepat selesaikan melalui telepon.

Sebab, jika Anda membicarakannya hanya melalui pesan singkat atau chatting akan lebih berbahaya. Bisa jadi masalah Anda semakin besar dan sulit terselesaikan akibat salah interpretasi.

3. Buat hal rutin yang bisa dilakukan bersama

Agar hubungan Anda tidak monoton, maka Anda bisa membuat kegiatan rutin yang bisa dilakukan bersama. Misalnya saja, Anda bisa mencoba menonton film yang sama di lokasi masing-masing dan rajin berkomunikasi melalui Skype atau video call.

4. Tentukan batasan yang jelas

“Jika pasangan menetapkan aturan yang menghambat kehidupan sosial Anda, maka itu adalah permintaan yang tidak masuk akal,” kata Weiser.

Pasangan adalah kekasih Anda, bukan berarti mereka bisa mengendalikan seluruh kehidupan Anda. Jika mereka melakukan hal seperti ini, bicarakan baik-baik bahwa dia tidak berhak untuk mengendalikan hidup Anda.

5. Menghargai hal-hal kecil

Terkadang Anda melupakan hal-hal kecil, seperti halnya memegang tangan pasangan Anda saat bertemu atau sekedar ucapan terima kasih dan ucapan Anda mencintainya.

Hal ini akan menjadi berharga ketika Anda mengalami hubungan LDR.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com