Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Anda Melakukan 5 Kesalahan Ini dalam Berteman?

Kompas.com - 23/07/2016, 10:11 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

Sumber bustle.com

 

KOMPAS.com — Persahabatan merupakan salah satu hal penting dalam kehidupan. Oleh sebab itu, tentu Anda harus bisa membuat persahabatan terus berjalan sehingga dapat membuat hidup lebih bahagia.

Sebuah penelitian dari Harvard mengatakan bahwa ikatan sosial yang kuat dapat meningkatkan kesehatan otak.

Pada dasarnya, teman akan membantu Anda untuk semakin berkembang. Maka dari itu, Anda pun harus bisa mempertahankan persahabatan Anda.

Berikut ini adalah hal-hal yang menjadi penyebab dari permasalahan dalam persahabatan Anda.

1. Anda tidak memiliki waktu

Jika tidak pernah memiliki waktu untuk teman Anda, persahabatan Anda dan teman akan sulit langgeng. Tidak ada ruginya untuk bertemu dengan teman sebab teman juga bisa membantu membuat pikiran Anda lebih segar dan kreatif.

2. Anda tidak pernah berinisiatif

Jika Anda adalah anggota yang pasif dalam sebuah persahabatan dan tidak pernah berinisiatif untuk mengajak teman bertemu atau menghubungi lebih dulu, Anda harus berhati-hati.

Hal ini bisa membuat teman Anda merasa bertepuk sebelah tangan dalam persahabatan dan tidak dihargai. Pastikan Anda juga berusaha menjaga pertemanan.

3. Mengharapkan persahabatan yang sama

Sebaiknya, Anda realistis bahwa dalam kehidupan, tentu setiap orang bisa berubah dan berkembang. Untuk itu, jangan selalu mengharapkan sahabat akan selalu menjadi orang yang sama.

4. Terlalu berharap banyak dari orang lain

Seorang psikolog klinis bernama Linda Blair memperingatkan Anda untuk tidak mengharapkan terlalu banyak dari orang lain.

Jangan berpikir bahwa teman bisa selalu ada untuk Anda sebab mereka juga memiliki kepentingan hidupnya sendiri.

5. Mudah cemburu

Blair juga mengatakan bahwa kecemburuan dan sikap posesif membuat persahabatan menjadi tidak sehat. Biarkan teman Anda bergaul dengan orang lain dan biarkan mereka untuk berkembang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber bustle.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com