Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/07/2016, 15:35 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

 

KOMPAS.com — Memiliki seorang buah hati tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi orangtua. Terlebih lagi, jika anak berhasil dan berprestasi, hal itu pasti akan menjadi nilai tambahan dalam kebahagiaan Anda.

Sebuah tes DNA baru berpotensi untuk memberi tahu Anda sejak anak lahir, apakah dia akan sukses di sekolah atau malah ditakdirkan untuk gagal?

Hal tersebut juga dibuktikan oleh para peneliti. Mereka telah mengembangkan skor poligenik berdasarkan 74 varian genetik yang diduga berperan dalam kinerja pendidikan untuk memprediksi prestasi akademik.

Bagi anak-anak dengan rentan usia hingga 16 tahun, 10 persen dari prestasi akademiknya ini dianggap merupakan hasil dari DNA-nya sendiri.

Para peneliti pun percaya tes ini dapat digunakan untuk memprediksi prestasi anak-anak di sekolah.

Seorang psikolog biologis di King's College London, Saskia Selzam, percaya bahwa skor poligenik ini akan digunakan untuk mengidentifikasi anak-anak yang mengalami kesulitan belajar.

Dia melanjutkan, "10 persen memang jauh dari 100 persen, tetapi ini jauh lebih baik dari (probabilitas) kita biasanya dalam memprediksi perilaku."

Selzam melanjutkan, seperti halnya ketika Anda berpikir mengenai perbedaan antara kecerdasan anak laki-laki dan perempuan dalam matematika, jenis kelamin sendiri menjelaskan sekitar satu persen dari varian.

Contoh lainnya adalah dengan menggambarkan ketekunan seorang individu. Ternyata, hal ini hanya memprediksi sekitar lima persen dari varian dalam prestasi pendidikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com