Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/07/2016, 10:37 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

Sumber PureWow

KOMPAS.com — Walaupun telah berkali-kali dilakukan, wawancara selalu menjadi tekanan yang spesial bagi calon karyawan, apalagi bila Anda baru memasuki lapangan kerja dan akan segera menghadapi wawancara.

Oleh karena itu, tentunya akan sangat bermanfaat bila Anda sudah mengetahui pertanyaan yang akan dilontarkan oleh pewawancara dan apa yang mereka ingin dengar dari Anda.

Berikut adalah lima pertanyaan yang umum ditanyakan saat wawancara dan maknanya:

1. Jelaskan CV Anda

Pertanyaan ini bukan berarti orang yang mewawancarai Anda malas untuk membaca formulir atau CV yang sudah Anda isi dan kirimkan. Pertanyaan ini justru adalah saat bagi Anda untuk bersinar.

Hindari monolog selama 10 menit mengenai kesuksesan Anda dan fokuslah pada pengalaman yang sesuai dengan lowongan yang Anda lamar.

2. Mengapa Anda tertarik dengan pekerjaan ini?

Jawaban untuk pertanyaan ini harus menunjukkan ketertarikan Anda pada pekerjaan ini dan apa yang Anda ketahui mengenai perusahaan yang Anda lamar.

Jangan lupa juga untuk mengangkat pencapaian perusahaan dan bagaimana Anda akan menambahkan nilai lebih bila diterima.

3. Apa kelebihan dan kekurangan Anda?

Kunci dari pertanyaan ini adalah menjawab dengan jujur, tetapi masih dapat dinilai positif oleh pewawancara. Oleh karena itu, hindari menjawab bahwa Anda sering terlambat dan pilihlah jawaban seperti terlalu fokus dengan detail ataupun tidak suka konfrontasi.

Untuk kelebihan, sesuaikan jawaban Anda dengan posisi yang Anda lamar dan hubungkan dengan pengalaman Anda, misalnya kemampuan komunikasi yang baik sehingga Anda telah berhasil mencapai berbagai negosiasi di perusahaan Anda sebelumnya.

4. Apa yang Anda lakukan di luar jam kantor?

Ini adalah cara pewawancara menilai keaktifan dan nilai sosial Anda serta menilai kecocokan pribadi Anda dengan posisi yang Anda lamar.

Bila posisi yang Anda lamar mengharuskan Anda untuk terus berkomunikasi dengan klien, tunjukkan bahwa Anda adalah orang yang bersosialisasi dengan jawaban seperti berjalan-jalan bersama teman, mencoba restoran baru, dan sebagainya.

Bila pekerjaan yang Anda lamar membutuhkan kekuatan fisik, pastikan bahwa Anda menjawab olahraga favorit Anda.

5. Ada pertanyaan lain?

Tunjukkan ketertarikan dan rasa keingintahuan Anda dengan menjawab "Ya". Namun, hindari pertanyaan yang bisa mengurangi nilai Anda atau menunjukkan bahwa Anda tidak mencari tahu terlebih dahulu.

Sebaliknya, Anda bisa bertanya mengenai pencapaian perusahaan dan tim yang berada di belakangnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com