Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Model Ini Ungkap Kondisi Kulit yang Disembunyikan Selama 12 Tahun

Kompas.com - 26/07/2016, 11:00 WIB
Kontributor Lifestyle, Usihana

Penulis

Sumber today

KOMPAS.com – Breanne Rice (31), model asal Washington, AS, mengakui bahwa selama 12 tahun terakhir dia telah menyembunyikan kondisi kulit Vitiligo di area wajah.

Kondisi vitiligo, di mana kulit kehilangan lapisan pigmen telah diderita Rice semenjak usia 19 tahun.

Awalnya, vitiligo menyerang area kulit bawah mata Rice. Lalu, vitiligo mulai melebar ke pipi dan dagu.

Rice yang saat itu sudah merintis karier di ranah mode sebagai model merasa rendah diri, sehingga memutuskan untuk menyembunyikan vitiligo menggunakan pulasan riasan wajah yang tebal.

Beberapa waktu lalu, Rice mengungkapkan kejujuran yang dikatakan sebagai sesuatu yang personal dengan mengunggah foto wajah tanpa riasan ke akun Instagram, @breannerice.

“Aku sangat pintar dalam merias wajah karena vitiligo. Aku tidak mua orang tahu mengenai kondisi kulitku yang sesungguhnya,” tulis Rice pada keterangan foto di Instagram tersebut.

Rice menuliskan bahwa selama belasan tahun dia tidak bisa tidak menangis ketika melihat refleksi wajahnya dari kaca.

“Aku merasa jelek dan tidak menarik,” imbuhnya.

Vitiligo menyebabkan Rice tidak percaya diri keluar rumah tanpa pulasan rias wajah lengkap. Bahkan, dia berolahraga dengan wajah yang terpulas bedak.

Kemudian, Rice juga membeberkan bahwa setiap pemotretan, dia selalu datang ke lokasi dalam kondisi wajah sudah dilapisi alas bedak dan lapisan bedak tebal.

“Aku merasa setiap hari aku harus menyakinkan diriku sendiri, aku harus menutupi kondisi yang sesungguhnya karena pekerjaanku. Aku memperlakukan vitiligo seolah kondisi ini buruk sekali,” jelasnya kepada Today.

“Mengapa aku tidak bisa datang ke lokasi pemotretan dan mengatakan, hei aku menderita vitiligo. Aku tidak bisa karena aku tidak percaya diri,” sambungnya.

Rice merasa berutang pada diri sendiri sehingga dia merasa tertekan. Akhirnya, dia pun memilih menguak kondisi yang sebenarnya pada publik lewat Instagram.

“Aku melakukan ini untuk diriku sendiri dan untuk membantu meningkatkan kepercayaan diri semua wanita yang merasa buruk karena kekurangan pada diri mereka. Aku ingin mengatakan, Anda akan baik-baik saja meski memiliki kekurangan, Anda selalu cantik jika Anda jujur,” bebernya.

Kemudian, Rice menjelaskan bahwa setiap wanita bernilai dan patut merasa cantik untuk diri sendiri.

Sekarang, Rice yang telah mengurangi aktivitas sebagai model tengah mengembangkan karier di ranah gaya hidup sehat.

Dia telah mendapatkan lisensi sebagai praktisi terapi nutrisi hidup sehat.

Rice berencana untuk membantu wanita dengan kondisi serupa dengan memberikan semangat untuk meningkatkan kepercayaan diri dari dalam dan menerapkan pikiran positif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com