Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pola Asuh ala Pangeran William Ini Wajib Dicontek Para Ayah di Dunia

Kompas.com - 26/07/2016, 16:02 WIB
Kontributor Lifestyle, Usihana

Penulis

Sumber Womans Day

KOMPAS.com – Sejumlah foto yang tayang di beberapa media acap kali memperlihatkan Pangeran William tengah berbicara dengan putra sulungnya, Pangeran George, sembari jongkok atau berlutut. Tujuannya untuk mengimbangi tinggi Pangeran George yang masih berusia tiga tahun.

Cara bicara Pangeran William kepada Pangeran George tersebut, menurut pakar pola asuh anak, mesti dicontoh oleh para ayah lainnya di dunia.

Gill Connel, Child Development Expert dan Penulis A Moving Child Is a Learning Child, mengatakan bahwa bicara dengan anak sembari menatap wajah dan matanya, membuat anak merasa didengarkan dan diperlakukan dengan baik oleh orangtua.

Kemudian, Connel menambahkan bahwa cara ini juga mujarab dalam menumbuhkan rasa percaya diri anak dalam berkomunikasi dengan lingkungan sekitarnya.

WOMAN'S DAY.COM Pangeran George dan Pangeran William

Selain menyesuaikan level tinggi tubuh agar sesuai dengan jarak pandang anak, ayah juga harus memperlihatkan fokus dan konsentrasi ketika anak sedang berbicara pada Anda.

Center For Parenting Education merekomendasikan orangtua untuk menghentikan segala kegiatan ketika mendengarkan anak bicara agar si kecil merasa diperhatikan.

Sebab, momen bersama anak tidak akan berarti apabila orangtua tidak memperlihatkan perhatian dan benar-benar mendengarkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Womans Day
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com