Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebaiknya, Jangan Katakan 5 Hal Ini kepada Si Bos

Kompas.com - 26/07/2016, 19:05 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

Sumber bustle.com

 

KOMPAS.com — Berhadapan dengan bos tentu tidak bisa sesuka hati Anda sendiri. Sebagai bawahan, Anda juga harus bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan, seperti halnya perkataan dan perilaku terhadap bos Anda.

Berikut adalah beberapa hal yang sebaiknya tidak dikatakan kepada atasan Anda.

1. "Itu bukan pekerjaan saya."

"Ini merupakan salah satu pelajaran yang sulit bagi kaum muda di tempat kerja," kata pelatih karier dan bisnis, Rachel Ritlop. Hal ini juga menunjukkan bahwa Anda malas untuk mempelajari sesuatu yang baru.

2. "Saya tidak tahu."

Atasan Anda tidak akan pernah mengharapkan jawaban tersebut. Sebagai gantinya, Anda bisa menjawab akan mencoba mencari tahu. Dengan begitu, Anda akan terlihat sebagai seseorang yang tidak mudah pasrah dan mau berusaha.

3. "Itu bukan salah saya."

"Seorang bos tentu tidak peduli tentang salah siapa. Mereka hanya memikirkan bahwa situasi harus diperbaiki," kata pelatih karier, Kim Wensel.

Daripada menyalahkan orang lain, bos Anda akan lebih menghargai ketika Anda datang untuk memberikan solusi terhadap masalah tersebut.

4. "Saya sudah mencobanya."

Jangan tampil sebagai seseorang yang serba tahu. Diskusikan semua usaha yang sudah Anda lakukan dan mintalah masukan dari si bos untuk mencari solusi terbaik.

5. "Saya sedang mengerjakan hal yang lainnya sekarang."

"Jika Anda sedang memiliki banyak pekerjaan, sebaiknya tetap terima tugas lainnya dari bos. Biarkan mereka melihat sendiri seberapa banyak pekerjaan Anda," kata Wensel. 

Setelah itu, Anda bisa meminta tenggat waktu lebih untuk menyelesaikan semuanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com