Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Studi Ungkap Alasan Anda Gagal dalam Kencan "Online"

Kompas.com - 28/07/2016, 19:11 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com — Anda sudah memajang foto tercantik yang Anda pernah punya, mengisi semua kolom yang tersedia, dan menulis deskripsi diri sedetail mungkin di profil kencan online.

Namun, setelah seminggu berlalu, tidak ada satu pun pria yang menghubungi Anda. Apa yang salah?

Kemungkinan besar Anda telah menyombong dalam profil tersebut, baik secara sadar maupun tidak sadar.

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam Communication Monographs, profil yang terkesan menyombong dapat menyebabkan Anda sulit mendapat teman kencan.

Dipimpin oleh dua orang peneliti, Crystal D Wotipka dan Andrew C High, dari University of Iowa, studi ini menyurvei 316 orang berusia 18 hingga 77 tahun yang berpengalaman dengan situs kencan online.

Para responden diminta untuk memberikan komentar mereka terhadap beberapa profil kencan palsu dengan berbagai level presentasi diri dan garansi.

Presentasi diri dalam hal ini adalah kualitas yang dinilai menarik oleh penulis profil dan garansi adalah memberikan bukti berupa situs atau foto yang menunjang klaim tersebut.

Ternyata, profil dengan level presentasi diri yang tinggi dianggap tidak menarik oleh responden.

Lalu, garansi yang disertakan justru menyebabkan profil tersebut dinilai menyombong dan mengurangi keinginan responden untuk menghubungi penulis profil.

Sebaliknya, kejujuran dan keramahan akan meningkatkan nilai penulis di mata responden.

"Penulis (profil) seharusnya berusaha untuk menunjukkan diri mereka sebagai seseorang yang jujur dan rendah hati," kata para peneliti kepada Psypost.

Apakah Anda termasuk sebagai orang-orang yang menyombong di profil kencan online? Bila Anda menjawab "Ya", sebaiknya Anda cepat-cepat memperbaikinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com