Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/07/2016, 10:29 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

 

KOMPAS.com — Ketika wanita melakukan wawancara kerja, tentu salah satu hal utama yang diperhatikan adalah penampilan, mulai dari busana yang akan digunakan, tata rias, hingga tata rambut.

Memang beberapa hal tersebut merupakan hal yang penting.

Seorang praktisi psikolog, Elizabeth T Santosa, sangat menyarankan untuk mempersiapkan perlengkapan yang akan digunakan maupun yang harus dibawa sejak semalam sebelum wawancara.

Hal ini harus dilakukan untuk mengurangi hal-hal yang tidak diinginkan akibat kecerobohan dan rasa panik saat hari yang ditunggu.

"Saat wawancara pun jangan lupa perhatikan gerakan non-verbal," ujarnya kepada Kompas.com saat peluncuran produk dari Freshkon di Jakarta, Rabu (27/7/2016).

Dia lalu menjelaskan bahwa salah satu contoh dari memperhatikan gerakan non-verbal ini adalah menghindari melipat tangan di atas meja. Sebab, hal ini membuat Anda terkesan sedang memberikan batasan.

Selain itu, Anda juga terlihat takut, cemas, dan sebagainya. Elizabeth menyarankan untuk menyimpan tangan di atas paha atau di bawah meja.

Kemudian, Elizabeth juga menyarankan Anda untuk mempersiapkan diri dengan berlatih berbicara di depan cermin agar tidak gugup.

Dengan persiapan yang baik untuk menghadapi wawancara kerja, ada kemungkinan besar bahwa Anda akan mendapatkan hasil yang diinginkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com