Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Kriteria Wanita untuk Ikuti Kontes Kecantikan?

Kompas.com - 01/08/2016, 06:12 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

 

PEKANBARU, KOMPAS.com – Kini, di Indonesia beragam ajang kontes kecantikan yang bisa diikuti oleh seluruh wanita muda di Indonesia.

Sebab, dalam ajang kontes ini tidak hanya diperlukan kecantikan dari luar, tapi juga dari dalam diri, seperti halnya percaya diri serta pengetahuan yang luas.

“Kalau untuk di tempat kami, cantik itu memang harus, tetapi tidak mutlak,” ujar Dr. Johnnie Sugiarto MS.c, CEO El-John Group kepada Kompas.com saat acara kunjungan Miss Earth 2016 ke perkebunan kelapa sawit PT Musim Mas di Pekanbaru, Riau, beberapa waktu lalu.

Johnnie menambahkan bahwa wanita yang mengikuti kontes kecantikan, seperti halnya Miss Earth Indonesia, mereka harus bisa menunjukkan diri sebagai seorang wanita Indonesia yang berkepribadian dan berbudaya sebagai orang Indonesia.

Dia juga menekankan bahwa sebaiknya wanita tidak melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan nilai-nilai budaya, seperti halnya merokok di depan orangtua dan berbicara tidak sopan.

Hal-hal seperti ini merupakan syarat sebagai mana jika mereka ingin mengikuti kontes kecantikan.

“Jadi, banyak yang kami ajarkan budaya timur kita agar itu tetap melekat di dalam diri seorang duta masa depan,” tambahnya.

Salah satu tolak ukur dari ajang ini, seperti yang dikatakan Johnnie, bukan saja hanya cantik secara fisik, tetapi inner beauty yang terus didorong.

“Jadi kalau pun mereka cantik di luar, tetapi memiliki adat yang jelek, itu pasti tidak akan masuk ke dalam kriteria yang kami buat,” tutupnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com