Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjelasan tentang Pria Berwajah Metallica tetapi Hati Cinderella

Kompas.com - 01/08/2016, 07:02 WIB
Kontributor Lifestyle, Usihana

Penulis

Sumber Daily Mail

KOMPAS.com – Para peneliti yang merupakan pakar di ranah psikologis mempelajari hubungan tipe wajah pria dengan karakter dan kepribadian.

Menurut peneliti yang melakukan studi di University of St Andrews, Skotlandia, pria berwajah sangar dan keras memiliki hati yang lembut.

Para pakar psikolog yang terlibat dalam studi menyimpulkan bahwa pria yang berpenampilan agresif dengan bentuk wajah lebar, lebih berpotensi untuk ringan tangan menolong keluarga, teman, dan rekan kerja.

Para pria berwajah sangar ini pun tak ragu untuk mendahulukan kepentingan orang banyak ketimbang diri sendiri.

Peneliti membuktikan dengan mengelompokan sejumlah mahasiswa dan memberikan mereka uang dalam nominal besar.

Kemudian, para mahasiswa ini dibebaskan menggunakan uang untuk segala kebutuhan dan keinginan mereka.

Dr Michael Stirrat, Ketua Penelitian, mengatakan bahwa hasil penelitian sangat mengejutkan. Pasalnya, partisipan dengan karakter wajah yang keras dan galak, justru lebih kooperatif dalam menggunakan uang, ketimbang pria berwajah lembut.

Pada penelitian sebelumnya, pria berwajah lebar dinilai memiliki karakter agresif dan tidak jujur. Kemudian, mereka juga dianggap tidak hangat dan tidak bisa bekerjasama dengan lingkungan sekitar.

“Hubungan kepribadian dan bentuk wajah tak bisa dipisahkan, masyarakat sosial memiliki penilaian masing-masing. Mereka menganggap pria berwajah lebar dan sangar itu orang jahat. Namun, apakah penilaian karakter seseorang sesederhana lewat wajahnya saja?,” urainya.

Penelitian terbaru di University St Andrews ini justru menemukan bahwa pria yang memiliki wajah galak sebenarnya berhati lembut dan penolong.

“Penelitian kami memperlihatkan bahwa pria berwajah agresif dan tidak bisa dipercaya, malah memiliki kepribadian yang baik,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com