Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sampai Kapan Harus Pakai Perawatan Penuaan Dini?

Kompas.com - 02/08/2016, 11:35 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

 

KOMPAS.com — Siapa yang tidak ingin awet muda? Kebanyakan wanita, bila tidak semua wanita, ingin tampak muda selamanya. Mereka juga tidak ragu-ragu untuk merogoh kocek demi menjaga kecantikannya.

Lalu, karena secara genetik kita mulai menua di usia 21 tahun, perawatan penuaan dini pun disarankan untuk dimulai pada usia tersebut walaupun belum ada tanda-tanda penuaan di wajah.

Namun, sampai kapan wanita harus memakai perawatan penuaan dini?

Dr Vincent Giampapa, penasihat medis untuk Jeunesse yang pernah dinominasikan untuk hadiah nobel berkat karyanya dalam penelitian Stem Cell, menjawab pertanyaan ini di acara peluncuran Jeunesse, Ritz Carlton, Jakarta, Sabtu (30/7/2016).

Dia berkata bahwa waktu penggunaan perawatan penuaan dini bergantung pada diri Anda sendiri.

"Produk perawatan penuaan dini ini digunakan untuk memperlambat proses penuaan atau menjaganya di titik optimal," ujarnya.

Dia melanjutkan, "Bila Anda bertanya kepada saya berapa lama Anda harus menggunakannya, saya akan bertanya kembali, 'Berapa lama Anda ingin tetap sehat, optimal dan fungsional?'"

Sang dokter yang tidak terlihat sehari pun lebih tua dari 50 tahun ini lalu berkelakar, "Saya sendiri sudah lebih tua dari 65 tahun dan saya masih menggunakannya."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com