Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/08/2016, 20:30 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

Sumber The Cut

KOMPAS.com — Setiap generasi suka mengomel mengenai generasi berikutnya, mulai dari gaya berpakaian, cara bekerja, hingga pola pikiran.

Namun, bila Anda termasuk orang-orang yang suka berdecak mengenai generasi milenium, mungkin penemuan ini akan mengejutkan Anda.

Ternyata, generasi milenium lebih jarang bercinta dibanding generasi-generasi sebelumnya.

Bahkan, menurut studi yang dipublikasikan dalam jurnal Archives of Sexual Behavior, generasi muda milenium yang lahir pada tahun 90-an dua kali lipat lebih jarang bercinta dibandingkan generasi-generasi sebelumnya saat mereka berusia sama.

Beberapa statistik juga menunjukkan hal serupa.

Pada tahun 1991, 54,1 persen dari anak SMA mengaku pernah berhubungan seks. Sementara itu, survei pada tahun 2015 menemukan bahwa angka ini turun menjadi 41,2 persen.

Lalu, dari orang dewasa muda di usia 20 sampai 24 tahun yang disurvei, 15 persen mengatakan bahwa mereka belum bercinta sejak usia 18 tahun. Sebaliknya, survei serupa pada era 90-an menemukan hanya 6 persen.

Ada beberapa alasan yang diperkirakan menjadi penyebab penurunan ini.

Baik generasi milenium maupun pakar menyebut bahwa keberadaan smartphone dan aplikasi kencan online telah mengubah cara pria dan wanita modern berkencan. Ada juga yang mengatakan bahwa mereka menunggu intimasi atau terlalu sibuk untuk bercinta.

Seorang anak 18 tahun yang diwawancarai oleh Washington Post bahkan mengatakan bahwa dia lebih suka menonton YouTube dan mencari uang daripada bercinta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com