Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usia Berapa Seharusnya Kulit Wanita Alami Penuaan ?

Kompas.com - 08/08/2016, 19:35 WIB
Kontributor Lifestyle, Rakhma

Penulis

KOMPAS.com – Menurut peneliti di Fukui University dan label perawatan kulit ternama dari Jepang, SK-II, wanita mengalami penuaan di usia 35 tahun.

Usia 35 tahun, merupakan usia di mana Anda terbangun pagi dan menyadari ada perubahan di kulit wajah, mulai dari keriput yang makin nyata, pengenduran kulit, dan lingkar hitam semakin gelap.

Namun, sebuah penelitian lain mengatakan bahwa penuaan terjadi secara bertahap.

 Jadi, beban kulit yang datang secara konstan, seperti stres, paparan sinar matahari, sakit, dan polusi, menjadikan kulit tak lagi tahan pada kondisi eksternal sehingga akhirnya memperlihatkan tanda-tanda penuaan.

Penuaan tak mutlak terjadi di usia 35 tahun, bahkan bisa lebih awal, jika Anda tidak merawat dan menjaga kecantikan kulit secara teratur.

Menurut Dr Kayce Reyes, Wellness Expert and Health Advocate di Manila, Filipina, penuaan pada kulit wajah dipengaruhi oleh latarbelakang etnis, genetik, dan gaya hidup.

Namun, peran etnis kultur dan genetik, merupakan pemicu utama terjadinya penuaan pada kulit.

Oleh karena itu, Dr Reyes sangat menganjurkan agar wanita melakukan perawatan kulit sedari usia menjelang 30 tahun, yakni usia 25 tahun dan seterusnya.

Perkembangan teknologi di dunia kecantikan, banyak melahirkan sejumlah inovasi yang memberikan perubahan signifikan pada kulit.

Namun, jangan asal pilih. Pastikan produk dan teknologi itu sesuai dengan jenis kulit dan etnis Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com