Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/08/2016, 20:02 WIB
Kontributor Lifestyle, Usihana

Penulis

Sumber Health

KOMPAS.com – Mendongkrak penampilan dengan rilisan kosmetik terbaru, sah-sah saja, tetapi jangan sembarang memilih produk riasan wajah. Anda juga harus memperhatikan dan mawas dengan kandungan dalam kosmetik pilihan tersebut.

Sekarang, sejumlah label kosmetika telah menghadirkan produk bebas gluten yang digadang sangat baik dan aman untuk kulit.

Namun, seberapa pentingkah seseorang harus mengaplikasikan kosmetika bebas gluten?

“Tergantung. Namun, jika Anda tidak terdiagnosa dengan intoleransi glutern (alergi) atau tidak memiliki penyakit gangguan pencernaan, maka Anda tidak perlu menggunakan kosmetika bebas gluten,” urai Dr Vermen Verallo – Rowell, MD, Dermatologis dan Dermatopathologis yang berbasis di Kennebunkport, Maine.

Dr Vermen mengatakan bahwa gejala sensitif pada gluten sangat mudah terlihat, banyak orang berpikir mereka memiliki alergi tersebut.

“Namun, produk kosmetik bebas gluten sebenarnya tidak penting,” jelasnya.

Kemudian, Dr Vermen mengatakan, jika pun Anda memiliki alergi pada kacang, Anda tidak perlu menggunakan produk kosmetik atau perawatan kulit bebas gluten.

“Molekul gluten itu sangat besar, sangat sulit untuk terserap, mengingat kulit manusia memiliki berbagai lapisan dari yang paling luar hingga paling dalam,” imbuhnya.

Dr Vermen, bahkan mengingatkan bahwa terkadang bisa jadi kosmetik bebas gluten malah berbahaya dan menimbulkan iritasi.

“Terkadang, kosmetik bebas gluten mengurangi satu kandungan dan melebihkan jumlah kandungan lain. Nah, kondisi ini bisa memicu alergi pada kulit,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com