Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Banyak Pria Iran Kenakan Kerudung di Media Sosial?

Kompas.com - 09/08/2016, 20:00 WIB
Kontributor Lifestyle, Rakhma

Penulis

Sumber elle.com

KOMPAS.com – Sejumlah pria Iran menggunakan media sosial untuk mengunggah foto mereka mengenakan kerudung dan hijab sebagai bentuk solidaritas terhadap kaum hawa muslimah.

Foto-foto tersebut meramaikan Instagram dengan tagar #MenInHijab. Gerakan ini merupakan bagian dari kampanye Stealthy Freedom, yang diciptakan oleh jurnalis Masih Alinejad.

Masih memperjuangkan pemakaian hijab pada wanita karena keinginan sendiri, bukan akibat paksaan dan tekanan budaya.

Dia menginginkan agar setiap wanita Iran memiliki kebebasan memilih dalam mengenakan busana sesuai selera masing-masing.

Sekarang ini, Iran memberlakukan aturan islam bahwa wanita yang keluar rumah tidak mengenakan hijab, akan dipenjara dan diberikan hukuman berat.

“Selama bertahun-tahun, kami wanita Iran, sedari kecil hingga dewasa telah dipaksa untuk mengenakan penutup kepala. Kami telah menurutinya dan kami kehilangan jati diri,” ujar Masih kepada The Independent.

“Kaum pria terbiasa melihat wanita berhijab setiap hari, semuanya normal. Namun, untuk jutaan warga wanita Iran, pemaksaan mengenakan hijab ini menghina martabat kami,” urainya.

Terakhir, Masih mengatakan bahwa eksistensi dan identitas wanita di Iran masih sangat kuno. Bahkan, harus mendapatkan persetujuan dari kaum pria terlebih dulu.

“Jadi, aku pikir, akan sangat fantastis untuk melibatkan pria mendapatkan hak-hak kesetaraan untuk wanita,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com