Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Ikut Kontes Kecantikan? Syaratnya Tidak Cuma Cantik

Kompas.com - 09/08/2016, 20:06 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

KOMPAS.com — Setelah menjalani masa karantina selama dua minggu, kini Luisa Andrea Soemitha telah dinobatkan sebagai Miss Earth Indonesia 2016 pada Jumat pekan lalu.

Kemenangan ini bukan tanpa persiapan. Seorang wanita yang ikut serta dalam ajang serupa tentunya harus memiliki beberapa hal yang harus dipersiapkan.

"Yang paling pertama harus disiapkan untuk mengikuti sebuah ajang kontes kecantikan adalah harus siap mental," ujar Luisa Andrea, Miss Earth Indonesia 2016, kepada Kompas.com di malam grand final Miss Earth Indonesia 2016, Jumat (5/8/2016) pekan lalu.

Dia pun melanjutkan, sebagai seorang "miss" tentu harus memiliki "3B", yaitu brain, beauty, dan behavior.

Tidak hanya itu, pemenang dari ajang kontes kecantikan ini juga menjelaskan bahwa kata "miss" sendiri merupakan sebuah singkatan dari manners, impressive, social, and smart.

Menurut wanita yang berusia 21 tahun ini, seorang wanita harus memiliki tata krama dan sikap yang baik agar bisa menjadi contoh untuk masyarakat luas.

Selain itu, wanita juga harus impresif sehingga dapat memberi kesan yang baik terhadap orang sekitar, terutama pada wanita-wanita lainnya.

Salah satu hal yang terpenting lagi, wanita juga harus cerdas. Cerdas yang dimaksudkan oleh Andrea sendiri adalah pintar membawa diri dan juga pintar untuk mengedukasi orang lain tentang permasalahan di lingkungan sekitar.

"Dalam perihal sosial, tentunya wanita harus mau terjun langsung ke masyarakat dengan ikut bakti sosial, bukan pencitraan saja," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com