Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panduan Lengkap Tren Tata Rias Musim Gugur dan Dingin 2016

Kompas.com - 10/08/2016, 17:09 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com — Setiap enam bulan sekali, salah satu hal yang paling ditunggu oleh pengamat mode adalah fashion week. Tidak hanya pakaian, para pengamat juga melihat tata rias yang disuguhkan selama pergelaran fashion week ini untuk mencari tren.

Sebab, tren-tren ini akan menjadi panduan dan inspirasi untuk wanita selama enam bulan ke depan.

Untungnya, Anda tidak perlu mengamati dan menganalisis sendiri pergelaran-pergelaran tersebut untuk mencari tata rias yang akan menjadi tren.

Dikenal sebagai pilihan utama untuk perancang-perancang busana selama fashion week, MAC memboyong senior artist mereka, Carol Mackie, langsung dari Australia untuk menjelaskan tren tata rias musim gugur dan dingin 2016.

"Secara garis besar, tren tata rias untuk musim gugur dan dingin tahun ini bisa dibagi menjadi dua, yaitu 'strict' dan 'loose'," ucap Mackie mengawali presentasinya di Kuningan City, Jakarta, Selasa (9/8/2016).

Strict  di sini adalah presisi dan garis yang tegas, sementara loose adalah warna-warna yang membaur dan tepi garis yang kabur.

Kedua elemen ini kemudian dikembangkan lagi menjadi beberapa tren. Di dalam strict, ada tren bibir yang gelap, garis yang setajam silet, dan aplikasi glitter yang rapi dan berwarna-warni.

Mackie mengatakan bahwa walaupun tren bibir gelap ini selalu ada setiap tahun, untuk 2016, kuncinya adalah menumpuk produk. Dia memberi contoh dengan karyanya di Zac Posen. Bibir yang berwarna kuat dan matte dilapis lagi dengan lip gloss bening.

Kemudian, untuk garis yang setajam silet, tren tahun ini bukanlah eyeliner yang hitam dan tebal, melainkan garis tipis yang jelas dan tepat di bawah mata.

Lalu, tren glitter dalam berbagai warna juga menguat pada musim gugur dan dingin tahun ini. Model-model di pergelaran Charlotte Olympia mengenakan glitter merah dan perancang busana Emmanuel Ungaro memilih glitter hijau dan emas untuk membuat kesan glamor dan mewah.

Sementara itu, untuk loose, ada dua tren yang menonjol, yaitu warna yang membaur seperti cat air dan garis bibir yang kabur dan menyatu dengan kulit.

Untuk melengkapi kedua tren ini, Mackie mengatakan bahwa penata rias yang bekerja di balik panggung menghindari garis yang kaku dan tajam, termasuk pada alis. Mereka lebih memilih tampilan alis yang natural dan tampak nyata.

Untuk wanita yang sibuk, loose tentunya bisa menjadi pilihan yang cepat sebelum berangkat ke kantor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com