Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Remaja Ini Raup Jutaan Dollar AS dengan Jualan Sepatu

Kompas.com - 15/08/2016, 14:04 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com — Kemungkinan besar, ini adalah kali pertama Anda mengenal nama Benjamin (Ben) Kickz.

Meskipun Kickz adalah nama yang keren, nama belakang Ben yang sebenarnya adalah Kapelushnik. Namun, seperti klien-kliennya yang berprofesi sebagai rapper, remaja ini pun mengadopsi nama tersebut.

Sekilas, Ben terlihat seperti remaja Amerika Serikat biasa. Akan tetapi, bila Anda bertanya kepada kolektor sneaker, nama Benjamin Kickz dan website-nya, sneakerdon.com, akan kerap kali muncul.

Pada usianya yang masih 16 tahun, Ben telah meraup jutaan dollar Amerika Serikat dengan menjadi reseller sneaker. Pelanggan-pelanggannya termasuk Drake, P Diddy, DJ Khaled, Paris Hilton, dan Floyd Mayweather.

Selama Anda punya cukup uang, remaja ini akan menemukan sepatu sneaker sesuai dengan permintaan Anda, meskipun sepatu tersebut sudah tidak dijual lagi sejak 10 tahun yang lalu atau limited edition.

Bahkan, melalui sumber-sumber yang disebutnya dengan "plugs", Ben bisa menjual sepatu yang belum dirilis ke pasaran.

 

But they run a mile for me

A photo posted by Business Is Boomin ???? (@benjaminkickz) on Jun 1, 2016 at 7:05pm PDT

Ben masih berusia 12 tahun ketika mulai memasuki industri jual beli sneaker yang kini dihargai 12 miliar dollar Amerika Serikat.

Pada saat itu, ibunya membelikan sepasang sepatu Nike, dan keesokan harinya, Ben mulai mempelajari usaha tersebut.

Dia membaca majalah untuk mengetahui minat pasar, menggunakan uang bar-mitzvah-nya untuk membeli sepatu, mempelajari pasar jual beli sneaker, dan menemui penggemar-penggemar sneaker pada acara pameran.

Saat dia berada di tingkat pendidikan setara kelas II SMP, Ben membeli sepasang sepatu Le Bron x MVPs yang hanya dijual di 10 toko oleh Nike.

Lalu, sebelum dia sempat memegang sepatu tersebut, Ben telah menjualnya ke seorang teman dengan harga 4.000 dollar Amerika Serikat.

Ben yang berpikir jauh lebih dewasa dari umurnya ini mempelajari hal-hal tersebut melalui musik hip-hop.

"Saya melihat Lil Wayne mengenakan rantai seharga 100.000 dollar di dalam sebuah (mobil) Rolls-Royce," kata Ben.

"Walaupun itu bukan gaya hidup yang saya inginkan untuk anak-anak saya, tetapi ketika saya mendengarnya, hal itu membuat saya ingin memiliki kalung berlian dan menyetir Ferrari. Saya berpikir kepada diri saya sendiri, saya harus menemukan cara untuk melakukannya," ungkapnya.

Kemudian, dengan Le Bron x MVPs tersebut, Ben membeli sepatu pertamanya dalam jumlah grosir, 85 pasang Air Jordan 1 Retro High OG "Powder Blue", dan menunjukkannya kepada semua orang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com