Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/08/2016, 19:05 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com — Setelah pasangan dan rumah, membeli mobil adalah komitmen terbesar bagi wanita. Sebab, mobil akan digunakan selama beberapa tahun untuk menunjang kehidupan sehari-hari dan pekerjaan.

Oleh karena itu, tentunya membeli mobil tidak bisa seenaknya saja.

Ditemui di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016, Sabtu (13/8/2016), President dan CEO PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia, Roelof Lamberts, menjelaskan pertimbangan-pertimbangan yang biasanya dipikirkan oleh wanita saat membeli mobil.

"Sering kali acara-acara mobil dan showroom didominasi oleh pria. Akibatnya, wanita tidak menemukan apa yang mereka mau," katanya.

Lain daripada pria, menurut Lamberts, wanita memiliki ketertarikan yang berbeda daripada pria.

"Misalnya, dalam hal rancangan, warna sebuah mobil lebih penting bagi seorang wanita daripada seorang pria. Sementara itu, pria akan lebih melihat pada fitur-fitur teknis," ujarnya.

Namun, wanita juga tidak hanya melihat bentuk dan warna saja dari sebuah mobil. Lamberts menambahkan bahwa wanita juga sangat peduli pada fungsionalitas dan keamanan.

"Keamanan sangat penting bagi wanita, tidak hanya untuk diri mereka sendiri, tetapi juga untuk orang-orang yang berkendara bersama mereka," tuturnya.

Oleh karena itu, Mercedes-Benz memastikan sejak awal proses rancangan bahwa mobil mereka tidak mengecualikan wanita.

Lambert bercerita, dalam tahap yang disebut sebagai "design clinic", perusahaan ini bertanya pada pelanggan lama dan baru, serta pembeli mobil kompetitor, untuk memberikan opini mereka terhadap mobil yang sedang dirancang.

"Kita ingin memastikan bahwa ada keseimbangan antara (minat) pria dan wanita," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com