Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sengaja Biarkan Bayi Menangis hingga Tertidur, Bolehkah?

Kompas.com - 21/08/2016, 10:03 WIB
Kontributor Lifestyle, Rakhma

Penulis

KOMPAS.com –- Bayi yang baru lahir akan tidur selama 16 sampai dengan 18 jam, tetapi biasanya bayi akan terbangun setiap dua hingga tiga jam untuk makan dan minum susu.

Namun, setiap bayi memiliki pola tidur yang berbeda-beda, tergantung dari lingkungan sekitar dan latihan tidur yang diajarkan orangtua.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Pediatrics Journal menguraikan efektivitas pola tidur dalam tiga gaya yang berbeda.

Salah satunya adalah membiarkan bayi menangis hingga terlelap di waktu tidur malam.

Pertanyaannya, apakah hal yang demikian efektif dan tidak berbahaya?

Peneliti yang berasal dari Australia mengumpulkan 43 orangtua yang memiliki bayi usia enam bulan sampai dengan 16 bulan.

Responden orangtua ini mengaku bahwa memiliki kesulitan menidurkan anak-anak mereka.

Peneliti pun membagi responden menjadi tiga kelompok. Kelompok pertama, membiarkan bayi menangis hingga tertidur. Kelompok kedua, menidurkan bayi di jam yang sama dan tidak meninggalkan bayi hingga tidur. Kelompok ketiga, tidak menerapkan latihan tidur pada bayi.

Hasilnya, bayi pada kelompok pertama tidur 15 menit lebih cepat ketimbang bayi kelompok ketiga. Lalu, bayi pada kelompok bayi kedua tidur 12 menit lebih cepat daripada kelompok ketiga.

Selain itu, penelitian juga mengungkapkan bahwa bayi dari orangtua pada kelompok pertama dan kedua, memiliki level stres yang rendah.

Kemudian, bayi pada kelompok pertama dan kedua tidak memperlihatkan ketergantungan dengan orangtua ketika waktu tertidur. Artinya, mereka bisa tidur malam secara rutin dan alamiah.

Namun, kondisi serupa tidak terlihat pada bayi dari kelompok ketiga.

Studi juga menjelaskan bahwa orangtua hanya perlu waktu tiga bulan untuk melatih bayi tidur malam secara normal di jam yang sama.  

Peneliti menegaskan bahwa orangtua harus memahami jenis tangisan bayi. Peneliti tidak merekomendasikan orangtua untuk selalu membiarkan bayi menangis hingga diam. Orangtua harus mengenal kebutuhan buah hati yang diekspresikan lewat tangisan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com