Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sesekali, Kenanglah Pengalaman Pekerjaan Pertama Anda

Kompas.com - 22/08/2016, 06:11 WIB
Kontributor Lifestyle, Usihana

Penulis

KOMPAS.com — Jangan pernah lupa dari mana Anda mengawali karier dan menjadi sukses seperti sekarang.

Baik maupun buruk pekerjaan pertama Anda, selalu ada nilai-nilai positif yang membawa Anda hingga sampai di tahapan karier impian.

Menurut Patricia Mullins, seorang profesor di University of Wisconsin-Madison, Wisconsin School of Business, tidak ada pekerjaan pertama yang memalukan.

“Mengenang dari mana Anda mengawali karier, sejauh apa sukses yang telah Anda raih, dan bagaimana perjuangan Anda akan membuat Anda menghargai diri sendiri karena perkembangan dan peningkatan kemampuan yang mungkin saja tidak Anda sadari,” jelas Mullins.

Pekerjaan pertama, kata Mullins, merupakan pijakan awal ketika Anda mendapatkan banyak pelajaran hidup, termasuk belajar bertanggung jawab, komitmen, dan penghargaan pada uang.

“Saya pikir banyak nilai hidup yang bisa didapatkan seseorang dari pekerjaan pertama,” imbuhnya.

Mullins menegaskan bahwa tidak ada pekerjaan pertama yang memalukan, selama Anda melakukan hal-hal yang legal, tidak melanggar aturan, dan merugikan orang banyak.

“Semua orang, bahkan orang paling sukses pun, memulainya dari sesuatu yang biasa-biasa saja. Anda harus ingat, tidak ada pekerjaan yang hina,” jelasnya.

Lalu, Mullins mengatakan bahwa pekerjaan pertama membuat setiap orang jadi mengenal karakter mereka, apakah seseorang yang lebih cemerlang bekerja sendiri atau bekerja dalam sebuah tim.

Mullins menjelaskan bahwa dia pernah melakukan survei dan menemukan 90 persen orang tidak lagi melakukan pekerjaan pertama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com