Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tepat pada Usia 100 tahun, Wanita Ini Mendapatkan Gelar Diploma

Kompas.com - 22/08/2016, 16:05 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

KOMPAS.com – Di tahun 1930-an, seorang wanita bernama Clare Picciuto tidak lulus dari SMA.

Hal ini tidak disebabkan karena Clare tidak mendapat nilai yang cukup, tetapi karena dia dilarang oleh keluarganya untuk meneruskan pendidikan dan diminta untuk segera bekerja. 

“Saudara-saudara laki-lakinya diizinkan untuk melanjutkan pendidikan mereka,” kata anak dari Claire yang bernama Deborah.

Namun, ternyata Clare tidak pernah kehilangan cintanya untuk belajar. Deborah melanjutkan, ibunya seringkali meratapi nasibnya karena tidak berhasil menyelesaikan pendidikannya.

Untungnya, setelah lebih dari 80 tahun meninggalkan sekolah, Clare pun mendapatkan sebuah kelulusan yang memang pantas untuk dirinya.

Tepat pada hari ulang tahunnya yang ke-100, Clare datang di ke acara bingo day yang diadakan di Edith A. O’Leary Senior Center,Massachusetts.

Pada hari tersebut, Deborah mengatur agar Superintendent dari sekolah negeri North Reading, Jon Bernard, datang dan memberi ibunya ijazah SMA yang mengejutkan.

Lalu, Clare juga tidak lupa untuk melengkapi Clare dengan topi dan toga dalam rangka menerima ijazah tersebut.

“Saya mengatakan kepadanya bahwa menurut saya, pengalaman hidupnya sendiri telah meraih gelar kehormatan dan diploma,” kata Jon.

Dia menambahkan, Clare merupakan wanita yang pandai dalam bicara, tajam, dan positif. Dia benar-benar mewakili semua hal yang seharunya kita cita-citakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com