Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Hal yang Anda Tidak Tahu tentang Bekerja di Kapal Pesiar

Kompas.com - 23/08/2016, 07:00 WIB
Kontributor Lifestyle, Usihana

Penulis

KOMPAS.com — Jaimee Dee, seorang cruise director pada perusahaan kapal pesiar, Carnival Cruise Line, membeberkan lima hal yang tidak Anda ketahui ketika bekerja di sebuah kapal pesiar untuk liburan.

Anda memiliki tanggung jawab besar selama perjalanan
Lupakan bayangan pesta semalam suntuk, menikmati keindahan lautan luas, dan menikmati makanan kualitas hotel kapan pun Anda mau. Sebab, Anda memiliki tanggung jawab penuh semenjak kapal mulai berlayar hingga akhirnya menepi di destinasi tujuan.

Anda harus siap sedia untuk menjadi sumber informasi penumpang. Anda harus rela kurang tidur demi kebahagiaan penumpang.

Lalu, jika ada darurat medis atau tidak bisa menepi di pelabuhan, maka Anda harus siap ketumpahan keluhan dan amarah penumpang.

Jangan pernah terlihat cemberut dan marah di depan penumpang, meski Anda merasa lelah, tetaplah tersenyum.

Anda bekerja 24 jam selama tujuh hari penuh
Waktu bekerja Anda ketika sedang berlayar adalah 24 jam dan tujuh hari penuh. Namun, jika sedang menepi di sebuah pulau, maka Anda bekerja hanya enam hingga delapan jam karena para tamu lebih banyak menghabiskan waktu di daratan.

Anda bekerja enam bulan penuh selama masa pelayaran dan mendapatkan enam minggu libur.

Lalu, selama enam bulan itu, tidak ada waktu istirahat karena Anda harus bersiap menjalani perjalanan berikut.

Keseimbangan kerja dan waktu personal sangat sulit
Bekerja enam bulan penuh, sulit menemukan waktu personal untuk sekadar berkomunikasi dan bertemu keluarga, teman, dan kekasih.

Rekan kerja di atas kapal pesiar adalah keluarga Anda, maka dari itu, sebisa mungkin jangan menciptakan konflik atau masalah sehingga membuat lingkungan kerja tidak nyaman.

Banyak momen istimewa yang terlewat oleh Anda
“Aku sudah bekerja di kapal pesiar selama sembilan tahun dan aku telah terlewat banyak acara istimewa, pernikahan teman, ulang tahun keluarga, kelahiran keponakan, dan banyak lagi,” ujar Dee.

Dee menambahkan bahwa dia sangat mencintai pekerjaannya, tetapi sering melewati begitu banyak momentum istimewa, sesekali membuatnya sedih dan kesepian.

Anda memiliki banyak teman
Bekerja di industri perhotelan dan pariwisata, kata Dee, membuat Anda memiliki banyak teman baru yang menyenangkan.

Dia mengatakan bahwa ketika dia mengunjungi tempat-tempat baru, teman-teman yang dia kenal sebagai tamu di kapal pesiar begitu baik menawarkan tempat tinggal, mengajak makan malam, dan sebagainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com