Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peneliti Temukan bahwa Manusia Purba Ini Sangat Peduli Mode

Kompas.com - 23/08/2016, 10:35 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

Sumber Guardian

KOMPAS.com — Pernahkah Anda mendengar mengenai Otzi, si "Manusia Es". Mumi yang diperkirakan hidup 5.300 tahun yang lalu ini pertama kali ditemukan pada tahun 1991 di Pegunungan Alpen dan semenjak itu menjadi selebriti di kalangan peneliti manusia purba.

Sebuah penemuan terbaru telah berhasil mengungkap rahasia dari pakaian Otzi. Ternyata, bila Otzi tinggal pada zaman sekarang, dia akan menjadi seorang pencetus mode.

Menurut para peneliti, Otzi kemungkinan besar adalah seorang penjahit andal yang menggunakan kulit domba, kambing, beruang, dan rusa untuk menciptakan pakaiannya.

Bahkan, salah seorang penulis dari University College, Dublin, yang bekerja dalam penelitian tersebut menyebut Otzi sebagai seseorang yang sangat pemilih dalam urusan bahan pakaian.

"Menurut saya, Otzi sangat canggih soal kapasitasnya menggunakan bermacam-macam bahan dari berbagai hewan," ujarnya.

Para peneliti juga mengungkapkan bahwa manusia es ini menggunakan setidaknya lima jenis kulit hewan.

Cawatnya terbuat dari kulit domba, tali sepatunya terbuat dari kulit sapi, legging-nya dari kulit kambing, dan mantelnya terbuat dari campuran kulit kambing dan domba.

Lalu, Otzi juga sangat suka mengenakan topi berbulu yang terbuat dari kulit beruang coklat dan membawa tempat anak panah yang dibuat dari kulit rusa.

Niall O’Sullivan, seorang peneliti dari Institute for Mummies, menambahkan, karena kulit pada masa itu sangat mudah rusak, Otzi harus secara terus-menerus meningkatkan dan memperbarui pakaiannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Guardian
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com