Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Fashion" dan Tekstil Indonesia Segera Tampil dalam Pentas Internasional

Kompas.com - 23/08/2016, 17:01 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

KOMPAS.com — Industri tekstil dan produk tekstil (TPT) Indonesia akan hadir pada pentas mancanegara melalui pameran Collection Premiere Moscow di Rusia pada tanggal 31 Agustus hingga 3 September 2016.

Dalam pameran ini, karya-karya dari desainer ternama Indonesia turut dihadirkan melalui label yang mereka miliki, di antaranya Itang Yunasz Ready to Wear, Ardistia New York, Alleira Batik, dan Warnatasku.

"Kegiatan ini adalah salah satu upaya untuk memperkuat industri tekstil Indonesia," ujar Achmad Sigit Dwiwahjono, Direktur Jenderal Industri Kimia, Tekstil, dan Aneka Departemen Perindustrian, dalam acara konferensi pers Indonesia Ready to Wear di Jakarta, Senin (22/8/2016).

Sigit melanjutkan bahwa perkembangan industri tekstil ini dalam tiga tahun terakhir turun cukup signifikan.

Salah satu upaya untuk mendorongnya adalah melalui industri mode.

Kementerian Perindustrian mencatat, sektor TPT menyumbang 3,68 persen investasi dari penanaman modal asing (PMA) dan 3,06 persen dari investasi penanaman modal dalam negeri (PMDN).

Selain itu, data Badan Ekonomi Kreatif juga menunjukkan, 4,9 persen perkembangan ekonomi di Indonesia setiap tahun ditunjang ekonomi kreatif.

Berdasarkan jumlah tersebut, sebesar 31 persen pendapatannya berasal dari industri fashion.

Oleh karena itu, Sigit pun berharap, melalui kegiatan ini, industri tekstil dan fashion Indonesia bisa terkenal di mancanegara dan bisa mengembalikan perkembangan TPT seperti tiga tahun lalu.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com