Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakar Kesehatan Anak Amerika Larang Orangtua Bicara soal Berat Badan

Kompas.com - 23/08/2016, 20:03 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

Sumber The Cut

KOMPAS.com -- Sebagai salah satu negara dengan angka obesitas tertinggi, mungkin pengumuman ini terdengar aneh.

Namun, pakar kesehatan anak di Amerika Serikat telah mencapai konsensus bahwa orangtua sebaiknya menghindari pembicaraan berat badan dengan anak berusia remaja.

Sebenarnya anjuran ini bukan hal yang baru. Sebelumnya, sebuah studi telah membuktikkan bahwa berbicara mengenai berat badan dapat menyebabkan kebiasaan makan yang tidak sehat pada anak secara permanen.

Diumumkan melaui panduan terbaru oleh American Academy of Pediatrics dan diperuntukkan kepada dokter dan orangtua, anjuran ini berlaku untuk orangtua dengan semua anak berusia remaja, baik yang bermasalah dengan berat badan maupun tidak.

Neville Golden, M.D., profesor ilmu kesehatan anak dari Stanford University School of Medicine dan penulis utama panduan ini, mengatakan, panduan tersebut diciptakan setelah melihat banyak remaja yang menggunakan metode yang tidak sehat untuk menurunkan berat badan.

Lalu, kebanyakan remaja yang memiliki kelainan pola makan tidak menunjukkan tanda-tanda secara fisik sehingga seringkali dilewatkan oleh dokter, tambahnya.

Sebagai gantinya, panduan tersebut juga memberikan beberapa rekomendasi kepada orangtua dan dokter untuk menjaga kesehatan anak.

Menurut panduan tersebut, orangtua dan dokter sebaiknya tidak mendorong anak untuk diet, berkomentar mengenai berat badan anak maupun orang lain, dan menggoda anak mengenai berat badan.

Untuk menjaga kesehatan anak, keluarga harus makan bersama secara reguler, dan orangtua harus menganjurkan pola makan yang sehat dan olahraga untuk kesehatan, bukan menurunkan berat badan.

Dr Golden juga menambahkan bahwa rendahnya citra diri adalah penyebab utama kelainan pola makan dan obesitas.

“Ibu-ibu yang berbicara mengenai berat badan dan bentuk tubuh mereka sendiri dapat secara tidak langsung mendorong anak untuk memiliki citra diri yang rendah. Hal ini merupakan sesuatu yang kita lihat pada setengah remaja wanita dan seperempat remaja pria,” tuturnya.

Sementara itu, anak berusia remaja yang memiliki citra diri yang baik melaporkan bahwa orangtua dan teman-teman mereka makan secara teratur dan berolahraga untuk kesehatan, bukan berat badan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com