Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stasiun TV Mesir Skors Pembawa Acara karena Gemuk

Kompas.com - 24/08/2016, 10:32 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com – Sebuah stasiun televisi di Mesir, Egyptian Radio and Television Union (ERTU) baru saja membuat banyak aktivis wanita murka karena keputusannya untuk menskors delapan pembawa acara dengan alasan kegemukan.

Lalu, di samping hukuman skors, kedelapan wanita tersebut juga diwajibkan untuk menurunkan berat badan dan mencapai “penampilan yang layak” dalam waktu sebulan sebelum diperbolehkan kembali ke layar kaca.

Namun, lucunya hukuman ini hanya berlaku untuk pembawa acara wanita.

Lalu, lebih menariknya lagi pembuat keputusan tersebut juga seorang direktur wanita yaitu Safaa Hegazy yang pernah bekerja sebagai pembawa berita.

Keputusan ini membuat banyak grup aktivis wanita marah dan mengecam stasiun TV tersebut.

Salah satunya adalah organisasi penasihat hukum, The Women’s Centre for Guidance and Legal Awareness, yang mengatakan bahwa memberikan hukuman terhadap wanita berdasarkan berat badan adalah sebuah bentuk pelanggaran konstitusi dan kekerasan terhadap wanita.

Sentimen serupa juga diungkapkan oleh Eman Beibers, ketua dari Development and Enhancement of Women.

Dia berkata, “Masalah kita adalah menilai seseorang dari penampilan daripada performa dan isi. Aku akan lebih menghargai keputusan ini bila pembawa acara tersebut diskors karena performa kerja yang buruk atau tampil dengan tata rias yang berlebihan.”

Beibers kemudian memberikan Oprah Winfrey sebagai contoh seorang pembawa acara wanita bertubuh gemuk yang melakukan pekerjaannya dengan sangat baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com