Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/08/2016, 10:35 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

KOMPAS.com -- Ada banyak ragam dari perhiasan wanita, mulai dari model hingga bahan yang digunakan. Sebagian perancang menggunakan logam mulia sebagai bahan dasar. Akan tetapi, ada juga yang menggunakan emas hanya sebagai pelapis.

Nah, perhiasan berlapis emas ini membutuhkan perawatan yang berbeda dari perhiasan yang berbahan dasar emas.

Eliana Putri Antonia menjelaskan dalam peluncuran koleksi eksklusifnya untuk On Pedder, di Jakarta, Rabu (24/8/2016), perhiasan yang berlapis emas ini hanya dilapisi saja, berbeda dengan perhiasan berbahan dasar emas asli yang lebih awet.

Oleh karena itu, perhiasan yang menggunakan lapisan emas ini biasanya tidak bisa digunakan untuk kegiatan yang terekspos cuaca.

“Perhiasan yang berbahan dasar emas lebih awet, tetapi kalau plated atau dilapis emas tentu tidak bisa di bawa untuk berenang,” ujarnya.

Lalu, perhiasan yang berlapis emas ini juga tidak boleh terkena hairspray, pelembab dan parfum. Sebab, cairan tersebut bisa mengontaminasi dan menyebabkan perhiasan beroksidasi sehingga warnanya berubah.

Sementara itu, perhiasan yang dibuat dari emas murni atau berlian bisa digunakan untuk banyak kegiatan dan aman jika terkena pelembab atau pun parfum.

Namun, bila Anda tetap ingin mengenakan parfum dan perhiasan berlamis emas, ada satu trik mudah yang dapat Anda lakukan, yaitu menggunakan parfum terlebih dahulu sebelum memakai perhiasaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com