Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Pewarna Rambut Sebabkan Timbulnya Uban?

Kompas.com - 26/08/2016, 15:05 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

 

KOMPAS.com – Beberapa orang menganggap bahwa salah satu penyebab timbulnya uban adalah pewarnaan warna pada rambut. Apakah hal ini fakta atau hanya mitos belaka?

Pertanyaan ini dijawab oleh seorang dermatolog, dr Gloria Novelita, SpKK yang berkata bahwa pewarnaan rambut tidak memiliki pengaruh dengan timbulnya uban.

“Munculnya ubab itu karena genetik, bukan pewarnaan rambut atau proses kimia lainnya,” ujarnya dalam acara peluncuran produk pewarnaan rambut dari Garnier di Jakarta, Kamis (25/8/2016).

Dia melanjutkan, selain karena faktor genetik, uban yang ada pada rambut ini juga bisa disebabkan karena faktor penyakit.

Bahkan uban bisa terjadi hanya karena melamin di batang rambut menurun atau menghilang, sehingga membuat warna rambut Anda menjadi putih.

Lalu, dr Gloria juga menjelaskan, penyakit yang bisa menimbulkan uban sama dengan penyakit yang menyebabkan bercak putih di wajah.

Ketika penyakit ini menyerang rambut, uban pun timbul sebelum waktunya.

Untuk itu, bagi Anda yang ingin mewarnai rambut, jangan takut dan berprasangka bahwa pewarna akan menyebabkan timbulnya uban.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com