Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seberapa Sering Anda Seharusnya Berhubungan Seks?

Kompas.com - 31/08/2016, 20:36 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com -- Banyak pasangan yang bertanya-tanya, apakah mereka memiliki hubungan seksual yang normal? Seorang terapis seksual, Tammy Nelson, mengatakan bahwa pertanyaan tersebut umum ditanyakan oleh pasiennya.

“Mereka ingin tahu, apakah mereka cukup sering berhubungan seks, apakah mereka melakukan hubungan seks yang tepat, atau apakah pasangan mereka menginginkan terlalu banyak hubungan seksual?” katanya.

Sebagai jawabannya, Nelson selalu mengatakan mantra berikut, lupakan normal.

“Normal adalah pilihan di mesin cuci. Hal yang terpenting adalah mempelajari empati untuk pasangan dan menerima apapun kebutuhan dia, walaupun keinginan tersebut bisa jadi berbeda dari yang Anda inginkan,” ungkapnya.

Nelson menambahkan, seringkali pasangan menjawab bahwa mereka berhubungan seks tiga kali seminggu. Namun, berdasarkan observasinya, jawaban ini tidak selalu sesuai dengan kenyataan.

Hal tersebut disetujui oleh Dawn Michael, seorang pakar seks dan penulis buku, yang berkata bahwa setiap pasangan memiliki “normal” masing-masing.

“Jika dulunya Anda berhubungan seksual dengan suami tiga kali seminggu dan kini hanya seminggu sekali, maka motifnya telah berubah dan frekuensi telah menurun,” ucapnya.

Penurunan ini bukan masalah.

Seperti yang dikatakan oleh Chris Rose, seorang pengajar di Pleasure Mechanics, yang terpenting adalah seberapa puas Anda dan pasangan dengan kehidupan seksual saat ini.

“Pembicaraan mengenai kehidupan seksual, dan peningkatan sentuhan kasih sayang di luar kamar, bisa menjadi faktor yang lebih penting untuk hubungan seksual jangka panjang yang memuaskan,” tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com