Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/09/2016, 16:13 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

Sumber Mic

KOMPAS.com — Banyak orang beranggapan bahwa citra diri yang buruk dimulai ketika masa puber. Namun, sebuah studi mengatakan bahwa dugaan ini salah.

Menurut para peneliti Professional Association for Childcare and Early Years, citra diri yang buruk dimulai pada usia tiga tahun.

Dalam studi tersebut, para peneliti menemukan bahwa anak balita berusia tiga tahun telah menyadari bentuk tubuh mereka berdasarkan pengakuan dari 33 persen guru yang pernah mendengar siswanya menyebut tubuh mereka sendiri gemuk.

“Pada usia tiga atau empat tahun, beberapa anak telah membentuk citra diri dan anggapan bagaimana tubuh mereka seharusnya,” tutur Dr Jacqueline Harding, penasihat asosiasi tersebut, kepada Telegraph.

Harding kemudian menambahkan, beberapa anak yang berusia empat tahun bahkan telah mengetahui cara untuk menurunkan berat badan.

Penelitian tersebut memang belum bisa mengungkapkan penyebab fenomena ini, tetapi Harding berkata bahwa mereka telah setuju mengenai budaya mempermalukan berat badan seseorang yang ada di dunia nyata dan media adalah salah satunya.

“Faktor-faktor penyebab sangat mungkin termasuk gambar-gambar di televisi, gambar-gambar di buku cerita dan animasi, serta pembicaraan orang dewasa mengenai tubuh, diet, dan operasi plastik,” tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com