Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/09/2016, 20:07 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

Sumber WebMD

KOMPAS.com --  Di dunia yang sibuk ini, tidur nyenyak merupakan sesuatu yang mewah bagi beberapa orang. Mereka dibayangi oleh pekerjaan yang menumpuk, masalah keluarga, atau masalah kesehatan.

Namun, di samping masalah-masalah di atas, ada satu hal umum yang menyebabkan banyak orang tidak bisa tidur, yaitu temperatur yang salah.

Menurut para pakar, temperatur ruangan tempat tidur dapat mempengaruhi kualitas tidur Anda.

H Craig Heller, PhD, profesor biologi di Stanford University, pernah mendedikasikan satu bab dari bukunya kepada hubungan tidur dan temperatur.

“Ketika Anda berusaha tidur, temperatur tubuh Anda menurun,” tuturnya.

Nah, bila ruangan terlalu dingin atau terlalu panas, tubuh Anda juga akan kesulitan mencapai temperatur yang pas untuk tidur. Akibatnya, Anda tidak bisa tidur.

Heller melajutkan, secara umum tidur di ruangan yang terlalu dingin lebih mudah terjadi daripada di ruangan yang terlalu panas.

Namun, bila ruangan terlalu panas atau dingin, Anda bisa terbangun dari tidur, ungkap Ralph Downey III, PhD, ketua pengobatan tidur di Loma Linda University.

Nah, berapakah temperatur terbaik untuk tidur yang nyenyak? Heller dan Downey mengatakan bahwa hal ini tergantung pada masing-masing orang.

Namun, kisaran rekomendasi pakar berada pada 18 hingga 22 derajat celcius.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber WebMD
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com