Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bayi Usia Enam Bulan Boleh Pakai Krim Tabir Surya

Kompas.com - 13/09/2016, 10:32 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

 KOMPAS.com — Tidak hanya pada orang dewasa, perlindungan kulit ternyata dibutuhkan seseorang sejak masih kecil. Perlindungan ini bertujuan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Sebab, jika kulit tidak mendapatkan perlindungan, tentunya kulit akan terpapar pancaran sinar UVA yang bisa menyebabkan penuaan pada kulit.

Selain itu, juga ditambah dengan paparan dari sinar UVB yang menyebabkan kulit memerah dan terbakar.

Oleh karena itu, dr Mardiati Ganjardani, SpKK mengatakan bahwa sangat penting untuk melindungi kulit dari sinar matahari dan dapat dilakukan dengan cara mengaplikasikan tabir surya pada kulit Anda.

“Sedari bayi memang perlu proteksi kulit dari matahari, usia enam bulan aman untuk dipakaikan sunscreens,” jelas dr Mardiati dalam acara peluncuran produk Skin Defence Multi-Protection Essence SPF 50 PA++++ dan Drops of Light dari The Body Shop Indonesia, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Dia melanjutkan, pentingnya menggunakan tabir surya untuk orang Indonesia merupakan pengaruh dari posisi Indonesia yang berada di garis khatulistiwa.

“Hindari keluar pada jam-jam yang matahari sedang terang-terangnya,” tuturnya.

Terakhir, dr Mardiati menyarankan untuk menggunakan tabir surya pada seluruh kulit, wajah, dan tubuh yang tidak tertutupi busana. Lalu, lakukan pengulangan pemakaian krim tabir surya setelah empat sampai enam jam pemakaian pertama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com